In-depth

Alasan Timnas Jepang Jadi Kuda Hitam di Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Sabtu, 31 Juli 2021 13:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Timnas Jepang akan berlaga di perempat final sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Getty Images
Timnas Jepang akan berlaga di perempat final sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Jepang bakal bertarung membawa nama baik tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020 di perempat final cabor sepak bola putra.

Sesuai jadwal tim Samurai Biru akan melakoni pertandingan kontra Selandia Baru, Sabtu (31/07/21) di Stadion Ibaraki Kasihma, mulai pukul 16.00 WIB.

Sebagai tuan rumah, Jepang tentu tidak ingin kehilangan muka, walaupun bukan tim langganan medali Olimpiade seperti Argentina, Brasil, Hungaria, maupun Britania Raya.

Langkah mereka demi meraih medali pun terbilang cukup mulus sejauh ini, usai meraih poin penuh dan jadi pemuncak Grup A sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.

Timnas Jepang lolos ke perempat final sebagai satu-satunya tim yang meraih poin penuh yakni 9. Pesaing terdekatnya adalah Brasil, sang juara Grup D yang mengumpulkan poin 7 lantaran pernah sekali main imbang.

Salah satu pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan, berharap ia dan rekan-rekannya dapat berprestasi di negara sendiri dengan meraih medali emas. Apalagi, bekal mereka secara statistik sudah cukup baik sejauh ini.

Tentunya, meraih kemenangan dan medali dengan permain kolektif seperti sepak bola juga sama-sama menantangnya dengan pertandingan olahraga individu.

Entah mau beregu, tim, maupun sendiri, para atlet berprestasi pasti membawa nama harum negaranya dan hal ini pula yang ingin diwujudkan Ritsu Doan bersama Timnas Jepang.

“Akan sangat luar biasa apabila kami bisa memenangkan medali emas pertama Jepang di cabor sepak bola lewat permainan tim,” ujar Doan, seperti diwartakan laman FIFA.

“Saya tidak sedang membanding-bandingkan diri dengan para atlet di olahraga-olahraga individual. Saya hanya ingin mencetak bab baru dalam sejarah sepak bola Jepang,” sambung pemain PSV Eindhoven tersebut.