Bola Internasional

UEFA Tumbang, 3 Klub Pendiri Siap Lanjutkan Proyek Liga Super Eropa

Sabtu, 31 Juli 2021 02:14 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Juventus, Real Madrid dan Barcelona tetap bertekad meneruskan European Super League (ESL) atau Liga Super Eropa seiring keluarnya putusan pengadilan atas gugatan ketiganya ke UEFA.

Ketiga klub papan atas yang masih bersatu dalam ide gelaran ESL merilis pernyataan lewat laman resmi masing-masing menyambut putusan pengadilan tersebut.

Baik Juventus, Real Madrid dan Barcelona menjadi tiga klub yang tak mundur dari ancaman UEFA setelah meledaknya gagasan ESL pada medio April lalu.

Sedangkan 9 klub lainnya mundur dari gagasan ini akibat tekanan fans dan tekanan yang diberikan UEFA berupa sanksi keras.

Namun, belum lama ini pengadilan memenangkan gugatan Juventus, Real Madrid dan Barcelona yang meminta membatalkan segala hukuman yang diberikan UEFA.

“Pengadilan mendukung permintaan yang dibuat oleh promotor Liga Super Eropa, menolak permohonan UEFA, dan menegaskan peringatannya kepada UEFA bahwa kegagalan untuk mematuhi keputusannya akan mengakibatkan denda dan potensi pertanggungjawaban pidana,” bunyi pernyataan di laman resmi Juventus.

Selanjutnya, kasus ini akan dibawa ke Pengadilan Eropa di Luksemburg yang akan meninjau posisi UEFA yang dianggap memonopoli sepak bola Eropa.

“Kasus ini akan diperiksa di Pengadilan Eropa di Luksemburg yang akan meninjau posisi UEFA atas sepak bola Eropa,” lanjut pernyataan tersebut.

Hingga munculnya pernyataan yang dikeluarkan Jumat (30/7/21) malam WIB tersebut, UEFA belum mengeluarkan pernyataan terkait kemenangan ketiga klub ini di meja hijau.