Bola Internasional

Jadi Saksi Insiden Eriksen, Wasit Ini Sebut Pemain AC Milan Bak Pahlawan

Rabu, 4 Agustus 2021 12:25 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
© thesun/EPA
Sabrina Kvist, Pacar Christian Eriksen. Copyright: © thesun/EPA
Sabrina Kvist, Pacar Christian Eriksen.

INDOSPORT.COM - Wasit Anthony Taylor menjadi saksi insiden rubuhnya Christian Eriksen di Euro 2020. Taylor mendapat pujian berkat kesigapannya, namun menurutnya bukan dia yang seharusnya disanjung, melainkan pemain AC Milan, Simon Kjaer. 

Sebagai pengadil lapangan saat Denmark bentrok dengan Finlandia, Taylor menghadapi situasi menegangkan saat Eriksen tiba-tiba ambruk di pinggir lapangan. Ia menjadi orang paling dekat dan melihat langsung detik-detik playmaker Inter Milan itu ambruk.

"Saya melihat langsung ke arah Christian Eriksen ketika dia jatuh. Saya bisa melihat di wajahnya betapa gawatnya situasi ini," kata Anthony Taylor melansir dari The 42.

“Saat itu tidak ada orang lain di dekatnya. Anda bisa langsung tahu dari cara dia jatuh. Saya hanya berjarak 10 meter dari tempat dia berada. Ada sesuatu yang sangat, sangat tidak beres," cetusnya.

"Saya akan mengatakan, secara keseluruhan, itu adalah situasi terberat yang harus saya hadapi dalam karier saya," jelas Taylor.

Anthony Taylor pun menyebut sosok Simon Kjaer bak pahlawan sejati. Ia yang berada di dekat Eriksen dan ikut memberi pertolongan sebelum tim medis datang menyaksikan bagaimana kapten Denmark tersebut bergegas menyelamatkan rekan setimnya.

"Tetapi pahlawan sebenarnya adalah para medis yang merawatnya dan juga Simon Kjaer, kapten Denmark, yang segera membantunya," ungkapnya.

"Satu-satunya hal yang saya lakukan pada malam itu adalah mengenali Christian Eriksen dalam kesulitan dan membutuhkan bantuan medis segera," ujar Taylor.

Insiden ambruknya Eriksen di Euro 2020 rupanya bukanlah yang pertama sepanjang ia diangkat menjadi wasit divisi teratas sejak 2010. Taylor penah menyaksikan kejadian serupa saat memimpin laga Newcastle United kontra Burnley.

"Sayangnya saya tidak hanya memiliki pengalaman itu di musim panas dengan Christian tetapi juga pada 2018, ketika saya menjadi wasit Newcastle di Burnley," ungkap Taylor.

"saya memiliki seorang rekan yang menderita serangan jantung mendadak di ruang ganti Jadi saya memiliki beberapa pengalaman atas nama tim medis di mana tindakan cepat telah menyelamatkan hidup seseorang," pungkasnya.