Bola Internasional

Selain Kuliah, Eks Persib Bisnis Pangkas Rambut dan 'Nyambi' Jadi Satpam

Rabu, 4 Agustus 2021 11:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Pikiran Rakyat
Hilton Moreira saat berduel dengan pemain lawan pada laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di ISL 2009-2010. Copyright: © Pikiran Rakyat
Hilton Moreira saat berduel dengan pemain lawan pada laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di ISL 2009-2010.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persib Bandung, Hilton Moreira, saat ini berada di kampung halamannya, Brasil, dan sedang kuliah serta mengambil lisensi kepelatihan sebagai modal kariernya ke depan.

Menurut Hilton, mengambil lisensi kepelatihan di Brasil tidak mudah. Selain biayanya cukup mahal, butuh waktu sekitar dua tahun untuk bisa lulus dan mengantongi sertifikatnya.

"Sekarang di Brasil lagi kuliah di salah satu universitas olahraga, Saya mau siapkan buat masa depan. Saya juga sedang mengambil lisensi kepelatihan di sini," kata Hilton Moreira belum lama ini.

"Karena ambil lisensi pelatih di sini tidak gampang dan banyak orang mau ambil apa lagi mahal juga. Ada proses sedikit waktu lama mungkin sekitar dua tahun untuk bisa ambil lisensi semua," ucapnya.

Selain kuliah di salah satu universitas olahraga setempat dan mengambil lisensi kepelatihan, Hilton juga memiliki beberapa kegiatan lain, yakni mengelola barbershop bersama sang istri dan juga menjadi satpam swasta. 

Menurut Hilton, pendapatan dari bisnis pangkas rambut dan bekerja sebagai satpam digunakan olehnya untuk biaya kehidupan keluarganya di Brasil.

"Setelah itu saya kerja juga, karena perlu uang juga untuk biaya hidup jadi saya juga punya bisnis sendiri untuk istri saya jadi barber shop," cetus Hilton Moreira.
 
"Saya juga punya lisensi security karena saya suka kerja security jadi saya juga lisensi juga untuk kerja, jadi saya di sini bisa kerja untuk itu juga," ungkapnya.