Liga Indonesia

Klub Sepakat Kick-off Liga 1 20 Agustus, PT LIB: Contoh untuk PON Papua

Kamis, 5 Agustus 2021 09:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI telah menggelar manager meeting terkait pelaksanaan Liga 1 2021 pada Rabu (4/8/21). 18 klub peserta pun sepakat kompetisi kick-off mulai 20 Agustus.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan bahwa opsi kick-off pada pertengahan bulan adalah paling ideal. Nantinya, Liga 1 digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan jadi percontohan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

"Klub berpendapat bahwa opsi menjalankan kompetisi diyakini lebih bagus dibandingkan menunggu sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Kami pun akan mempersiapkannya dengan lebih baik," kata Lukita.

"Seluruh klub sudah siap bertanding. Ada banyak hal teknis yang perlu diskusikan, terutama prokes yang akan dijalankan dan soal jadwal dalam pelaksanaan," lanjutnya.

PT LIB mengaku sudah mengantongi izin dari instutusi terkait, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Polri, dan Kemenpora RI. Poin utama dari rekomendasi adalah wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Seminggu yang lalu PSSI udah komunikasi dengan BNPB, kami juga ke Mabes Polri dan mereka mempersilakan, tapi terpenting itu protokol kesehatan," cetusnya. 

"Agenda ini sebagai percontohan juga buat PON Papua, tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan olahraga di tengah pandemi," jelas Akhmad Hadian Lukita.