Bola Internasional

Alasan-alasan yang Membuat Kepindahan Lionel Messi ke PSG Mustahil Terjadi

Sabtu, 7 Agustus 2021 15:52 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Lionel Messi dikabarkan akan merapat ke PSG, namun kepindahannya bisa gagal terjadi karena alasan-alasan ini.

Teka-teki masa depan Lionel Messi akhirnya berakhir sudah. Sang megabintang dikabarkan masih akan menjadi pemain yang berstatus bebas transfer atau tanpa klub, usai gagal meneken kontrak di Barcelona.

Sebelumnya kedua belah pihak sudah mencapai kata sepakat dan direncanakan tanda tangan kontrak baru akan terjadi akhir pekan ini sekaligus diumumkan ke publik.

Namun dalam negosiasi terakhir yang terjadi pada Kamis (05/08/21) kemarin, pertemuan tidak berjalan dengan baik sehingga rencana kesepakatan kontrak baru gagal terlaksana.

Kepastian Messi gagal kembali ke pelukan Barcelona diumumkan oleh pihak klub pada Jumat (06/08/21) dinihari WIB melalui laman resminya.

“Leo Messi tidak lagi di FC Barcelona. Meskipun klub dan pemain mencapai kesepakatan dan niat jelas mereka untuk menandatangani kontrak baru hari ini, ini tidak dapat terjadi karena kendala finansial dan struktural,” tulis laman resmi Barcelona.

“Akibat situasi ini, Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub yang pada akhirnya tidak akan terpenuhi,” lanjut pernyataan tersebut.

"FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan, baik dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya,” tulis pernyataan tersebut.

Peraturan La Liga soal alokasi gaji (salary cap) mengganjal keinginan Barcelona untuk mempertahankan Messi.

Dilansir NBC Sports, La Liga sebelumnya memutuskan mengurangi batas alokasi gaji sebesar 2,3 milyar euro Rp 39 triliun dari 2,9 miyar euro untuk 20 klub peserta.

Pengurangan itu dilakukan untuk melindungi finansial klub di tengah pandemi covid-19. Salary cap merupakan aturan pembatasan gaji yang diterapkan La Liga untuk klub-klub peserta.

Peraturan itu tidak hanya membatasi alokasi gaji untuk pemain, melainkan seluruh anggota skuat mulai dari pelatih hingga para staf pelatih.

Alhasil, klub-klub La Liga harus menyesuaikan diri. Jika tidak, klub tidak bisa mendaftarkan pemain baru yang didatangkan di bursa transfer musim panas ini.

Itulah peraturan yang membuat Barcelona tidak bisa memperpanjang kontrak Messi. Pasalnya, alokasi gaji pemain Barcelona masih di luar batas yang ditetapkan La Liga.