Liga Indonesia

Pemerintah Akan Mengawasi dengan Ketat Liga 1 2021

Sabtu, 7 Agustus 2021 14:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Ketua Umum PSSI melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Senin (24/5) di kantor Kemenpora, Jakarta. Pertemuan ini membahas persiapan dan izin kompetisi Liga 1 dan 2 2021-2022. Copyright: © PSSI
Ketua Umum PSSI melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Senin (24/5) di kantor Kemenpora, Jakarta. Pertemuan ini membahas persiapan dan izin kompetisi Liga 1 dan 2 2021-2022.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan pemerintah akan mengawasi ketat jalannya Liga 1 2021. Dimana semua pihak berwenang mengawasi agar Liga 1 berjalan lancar dan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan.

PSSI dan PT LIB memang akan menjalankan Liga 1 pada 20 Agustus mendatang. Rencana ini pun sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah melalui Menpora, Zainudin Amali.

Namun meski memberikan lampu hijau, Amali menegaskan bahwa Liga 1 harus berjalan dalam protokol kesehatan yang sangat ketat. Diharapkan tidak ada pelanggaran tang terjadi baik di dalam stadion ataupun di luar stadion seperti halnya kehadiran suporter dan kerumunan nonton bareng.

"Pemerintah mengawasinya melalui dinas kesehatan dan satgas COVID-19 daerah," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual.

Terkait hal ini pun Amali menilai PSSI maupun LIB selaku pelaksana Liga 1 siap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Ketika ada pelanggaran, pemerintah berkoordinasi dengan PSSI dan LIB agar menerapkan sanksi yang sesuai.

Sementara untuk pelanggaran yang terjadi akibat tindakan suporter atau hal lainnya, Amali mengaku sudah berkoordinasi dengan Polri. Dimana Polri menjadi ganda terdepan dalam memantau pergerakan suporter.

"Kalau ada tempat usaha yang mengadakan nobar, maka kegiatan itu akan langsung dihentikan," pungkas Zainudin.