Bola Internasional

Siapa Saja yang Diuntungkan dari Kepindahan Lionel Messi ke PSG?

Rabu, 11 Agustus 2021 19:28 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kepindahan Lionel Messi ke PSG dari Barcelona dinilai banyak menguntungkan beberapa pihak.

Mulai musim depan para pecinta sepak bola Eropa tidak akan lagi melihat Lionel Messi bermain menggunakan seragam Barcelona. Terlihat aneh, namun itu lah kenyataannya.

Penyerang asal Argentina itu resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) secara gratis. Sebab, Messi sebelumnya berstatus free transfer setelah kontraknya di Barcelona berakhir per 01 Juli 2021 lalu. 

"Paris Saint-Germain dengan senang hati mengumumkan penandatanganan Leo Messi dengan kontrak dua tahun dengan opsi tahun ketiga," tulis PSG di laman resmi klub.

"Pemenang Ballon d'Or enam kali itu pantas dianggap sebagai legenda permainan dan inspirasi sejati bagi mereka dari segala usia, baik di dalam dan di luar sepak bola," ujarnya.

Lionel Messi menyambut gembira penandatanganan kontraknya bersama PSG. Dia akan berada di Parc de Princes hingga tahun 2023 mendatang dan mengenakan nomor punggung 30 di klub asal Prancis itu. 

"Saya bersemangat untuk memulai babak baru dalam karir saya di Paris Saint-Germain. Segala sesuatu tentang klub sesuai dengan ambisi sepak bola saya," ucap Messi.

"Saya tahu betapa berbakatnya skuad dan staf pelatih di sini. Saya bertekad untuk membantu membangun sesuatu yang istimewa bagi klub dan para penggemar, dan saya tak sabar untuk melangkah ke lapangan di Parc des Princes," pungkasnya.

Lionel Messi menjadi pemain keenam yang didatangkan PSG pada bursa musim panas ini. Sebelumnya mereka juga sudah mendatangkan beberapa pemain ternama.

Seperti Georginio Wijnaldum, Sergio Ramos dan Gianluigi Donnarumma, Achraf Hakimi dan Danilo Perreira. Sementara itu Barcelona sendiri bukan tanpa upaya untuk mempertahankan Messi.

Hampir satu bulan sejak musim lalu berakhir, keduanya terus melakukan komunikasi intens untuk membahas kontrak baru.

Hingga akhirnya Messi bersedia kembali bermain untuk Barcelona, dan juga mengikuti kebijakan klub dengan melakukan pemotongan gaji sebesar 50 persen.

Namun sayang, didetik-detik terakhir kesepakatan gagal terjadi. Penyebabnya kontrak Messi tidak bisa didaftarkan ke otoritas Liga Spanyol, La Liga.

Hal itu karena Barcelona melanggar aturan ambang batas gaji seluruh pemain atau salary cap yang diterapkan oleh La Liga.

Barcelona setidaknya harus menekan pengeluaran untuk menggaji pemain maksimal 70 persen dari total pendapatan. Saat ini, presentase pengeluaran mereka untuk gaji 95 persen dari pemasukan.

Kepergian dan kedatangan Lionel Messi dari Barcelona ke PSG pasti akan memberikan perubahan besar untuk kedua tim.

Perubahan tersebut bisa menghadirkan aura positif. Dengan kata lain, akan ada beberapa pihak yang diuntungkan dari kepindahan Messi ini. Siapa saja mereka?