Bola Internasional

Gaizka Mendieta, Legendaris di Valencia namun Tersesat di Lazio

Minggu, 15 Agustus 2021 16:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Eric Renard / Onze / Icon Sport/gettyimages
Gaizka Mendieta saat berseragam Valencia. Copyright: © Eric Renard / Onze / Icon Sport/gettyimages
Gaizka Mendieta saat berseragam Valencia.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali sepak terjang Gaizka Mendieta, legenda Valencia yang kariernya sempat terpuruk saat bergabung dengan Lazio.

Jika menyebut nama Gaizka Mendieta, mungkin klub pertama yang muncul di benak para penggemar sepak bola adalah Valencia, yang pernah dibelanya selama kurang lebih sembilan tahun mulai dari 1992 sampai 2001.

Hal ini pun tidak mengherankan, mengingat pria asal Bilbao, Spanyol ini memang sempat berjaya bersama Los Che. Bisa dibilang, ia adalah salah satu pemain yang sukses di bawah asuhan Claudio Ranieri.

Setelah debut di tim utama, eksistensi Gaizka Mendieta seolah tidak dapat dibendung. Ia bermain di banyak laga, mencetak gol, memenangkan trofi, sampai akhirnya mendapat tempat di skuat Timnas Spanyol.

Salah satu momen yang bakal selalu dikenang publik tentang Mendieta dan Valencia, tentu penampilan sang pemain di ajang Liga Champions.

Pasalnya, ia berhasil mengantarkan timnya tersebut menjadi finalis beruntun pada 1999-2000 dan 2000-2001. Sayangnya, trofi Si Kuping Besar belum berhasil diraihnya meski berhasil memimpin Los Che dua kali ke partai puncak.

Terlepas dari hasil mengecewakan di Liga Champions tersebut, Gaizka Mendieta cukup bisa berbangga diri karena di Valencia ia telah meraih sejumlah trofi, mulai dari UEFA Intertoto Cup, Piala Super Spanyol, dan Copa del Rey.

Mendieta pun menjelma sebagai salah satu pemain yang paling diminati berkat sepak terjangnya di Valencia. Sampai akhirnya, Lazio datang mengetuk pintu transfer Los Che untuk membawanya ke Italia.

Akhirnya, pada bulan Juli 2001, Mendieta ditebus dengan dana 47,7 juta euro oleh Lazio. Langkah berani yang diambil klub asal Roma ini tidak lepas dari sosok presiden mereka saat itu, Sergio Cragnotti.

Pria yang juga berprofesi sebagai penulis tersebut memang telah berbuat banyak untuk memajukan Lazio sejak kedatangannya pada tahun 1992.

Ia mengisi tim ini dengan pemain-pemain hebat yang berhasil menyumbangkan seabrek gelar, termasuk Scudetto, Piala Super Eropa, Piala Super Italia, dan masih banyak lagi.