Bola Internasional

Mengenal Victoria Stadium, Stadion Tersibuk yang Jadi Kandang Seluruh Klub Gibraltar

Rabu, 18 Agustus 2021 14:24 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© DAILYTRACPIC
Stadion Victoria Gibraltar. Copyright: © DAILYTRACPIC
Stadion Victoria Gibraltar.

INDOSPORT.COM – Mengenal Victoria Stadium, stadion tersibuk dunia yang menjadi markas seluruh klub peserta Gibraltar National League.

Gibraltar menjadi salah satu negara Eropa yang turut berpartisipasi di kompetisi-kompetisi antar negara benua biru. Di 2020 lalu, negara satu ini turut berkecimpung di UEFA Nations League.

Bila dibandingkan negara Eropa lainnya, Gibraltar tak begitu terpandang soal sepak bola. Wajar saja mengingat negara ini baru bergabung UEFA pada 2013 dan bergabung FIFA pada 2016. Usia yang cukup muda.

Selain itu, Gibraltar juga tergolong negara kecil. Luasnya saja hanya 6,8 kilometer persegi dengan jumlah penduduk hanya 33 ribu jiwa (data Bank Dunia per 2019).

Dengan wilayah yang kecil dan jumlah penduduk yang minim, Gibraltar pun tak menjadi ancaman bagi negara Eropa lainnya soal sepak bola.

Meski demikian, Gibraltar terus berkembang dan bahkan tak mau ketinggalan soal sepak bola. Untuk luas sekecil dengan penduduk jiwa yang sedikit, Gibraltar nyatanya punya liga sendiri bernama Gibraltar National League.

Pesertanya pun hanya 11 tim saja dan uniknya, ke-11 tim ini bermarkas di satu stadion saja yakni Victoria Stadium.

Untuk itu, mari sejenak mengenal Victoria Stadium yang berada di Gibraltar dan dikenal sebagai stadion tersibuk di dunia saat ini.