Bola Internasional

Profil Zaki Anwari, Wonderkid Jenius Afghanistan yang Tewas Usai Jatuh dari Pesawat

Sabtu, 21 Agustus 2021 18:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© dailyadvent/haber global/purepeople
Zaki Anwari, pemain Timnas Afghanistan tewas terjatuh dari roda pesawat AS saat kabur dari Taliban. Copyright: © dailyadvent/haber global/purepeople
Zaki Anwari, pemain Timnas Afghanistan tewas terjatuh dari roda pesawat AS saat kabur dari Taliban.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Zaki Anwari, salah satu wonderkid sepak bola jenius asal Afghanistan yang tewas usai terjatuh dari pesawat Amerika Serikat.

Nama Zaki Anwari sendiri memang menjadi pusat perhatian dunia, terutama kancah persepakbolaan internasional akibat insiden memilukan beberapa waktu lalu.

Zaki Anwari dilaporkan tewas di roda pesawat Amerika Serikat saat hendak kabur dari kelompok Taliban.

Dilansir dari aljazeera, kejadian bermula ketika pesawat C-17 Globemaster milik Angkatan Udara Amerika Serikat bergerak di landasan pacu Bandara Internasional Hamid Karzai.

Ratusan orang tertangkap kamera berlari di samping pesawat hingga bergelantungan untuk meminta pertolongan termasuk pemain timnas Afghanistan, Zaki Anwari.

Naas, Zaki Anwari menjadi salah satu orang yang tewas dalam kejadian tersebut. Tewasnya pemain berusia 19 tahun tersebut dibenarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan.

"Anwari, seperti ribuan pemuda Afghanistan, ingin meninggalkan negara itu tetapi jatuh dari pesawat AS dan meninggal," tulis pernyataan resmi di Facebook pada Kamis (19/08/21).

Sementara itu, militer Amerika Serikat langsung buka suara mengenai laporan adanya sejumlah korban jiwa di Bandara Internasional Hamid Karzai.

"Sebelum awak udara bisa menurunkan kargo, pesawat itu dikepung oleh ratusan warga sipil Afghanistan," kata juru bicara Angkatan Udara AS, Ann Stefanek.

"Menghadapi situasi keamanan yang memburuk dengan cepat di sekitar pesawat, kru C-17 memutuskan untuk meninggalkan lapangan terbang secepat mungkin," tuturnya menambahkan.

Kehilangan Zaki Anwari sejatinya jadi pukulan telak buat Afghanistan khususnya untuk cabor sepak bola mereka.

Pasalnya, sang pemain bukan hanya wonderkid sepak bola menjanjikan, melainkan punya potensi di bidang akademi yang tidak bisa dianggap remeh.

Untuk karier sepak bola, pelatih tim nasional Afghanistan sempat mengundang Zaki Anwari untuk bergabung bersama tim junior ketika usianya baru beranjak 16 tahun.