Liga Indonesia

Ramai Indra Sjafri Tolak Naturalisasi, Bung Towel: Sepakat, Asalkan...

Selasa, 24 Agustus 2021 13:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Indra sjafri dan Shin Tae yong. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Indra sjafri dan Shin Tae yong.

INDOSPORT.COM - Beberapa waktu lalu, ramai pernyataan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri yang menolak program naturalisasi. Pengamat sepak bola, Tommy Welly atau akrab disapa Bung Towel kini buka suara.

Konon, Indra Sjafri enggan melanjutkan beberapa wacana naturalisasi pemain sepak bola, karena adanya regulasi FIFA. Hal itu ia sampaikan di kanal Youtube Caknun.com.

"Kembali lagi (soal) naturalisasi, FIFA nggak membolehkan pindah kewarganegaraan untuk kepentingan sepak bola. FIFA itu memerintahkan semua federasi, aktifkan pembinaan," jelas Indra Sjafri.

"Nggak boleh begitu, misalnya kalau FIFA menghalalkan perpindahan karena alasan sepak bola, bisa-bisa (negara kaya seperti) Arab Saudi beli semua pemain," ucapnya.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali juga menegaskan akan membatasi naturalisasi, karena dianggap tidak efektif dalam upaya memajukan kualitas timnas Indonesia.

"Khusus untuk naturalisasi di cabor sepak bola, saya melihat tidak begitu efektif untuk pembentukan timnas. Kualitas mereka yang dinaturalisasi tidak terlalu berbeda dengan pemain asli kita," sebut Zainudin Amali.