In-depth

Bak Anak dan Ayah, Ronaldo Tak Bisa Lepas dari Pengaruh Sir Alex Ferguson

Sabtu, 28 Agustus 2021 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Karwai Tang/WireImage/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson. Copyright: © Karwai Tang/WireImage/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson bak sosok anak dan ayah di Manchester United yang sulit dipisahkan.

Kisah keduanya pun sudah termasyhur di kalangan khalayak luas, termasuk bagaimana Sir Alex Ferguson memboyong anak asuhnya tersebut dari klub Portugal, Sporting Lisbon, saat usianya masih belia.

Untuk diingat kembali, Ronaldo merapat ke Manchester United, dari Sporting Lisbon pada 2003 atau di usianya yang mengunjak 18 tahun.

Semua berawal dari ketertarikan Fergie pada Ronaldo saat Manchester United dan Sporting Lisbon menggelar pertandingan persahabatan. Ia pun langsung mengutus kepala eksekutif, Peter Kenyon, untuk segera bertindak.

"Saya mendapat telepon saat half time dari Fergie, 'ketimbang dia (Ronaldo) main di sini, bisakah kita membawanya ke Old Trafford?' Jadi tim langsung pulang ke Inggris dan saya tetap tinggal melakukan negosiasi," ucap Kenyon dilansir Mirror.

"Itulah saat-saat terhebat Alex (Ferguson) yang mampu membawa Manchester United lebih baik dari siapa pun juga. Dia tak pernah hanya menjanjikan, tapi bisa langsung membuat orang yang tepat untuk bermain," tambahnya.

Sebagai salah satu ikon pelatih ikonik dan legendaris sepanjang masa, mata jeli Sir Alex Ferguson hari itu pun tidak salah menilai. Terbukti, Cristiano Ronaldo menjelma sebagai salah satu pesepak bola paling tersohor di muka bumi ini.

Bahkan, pengaruh pria yang kini berusia 79 tahun tersebut pun masih mengendap di dalam tubuh Ronaldo sampai sekarang. Bahkan, sang pemain mengurungkan niatnya pindah dari Juventus ke Manchester City karena Fergie.

Jika dulu telepon ‘keramat’ Sir Alex Ferguson berhasil membawa Ronaldo ke Manchester United, kini hal serupa seperti terjadi kembali.

Kembalinya Ronaldo berseragam Setan Merah pun diyakini berhasil berkat bujukan dan kata-kata ajaib Sir Alex Ferguson kepada mantan anak asuhnya tersebut.

Hal ini pun juga diyakini oleh Rio Ferdinand, yang menyebut tidak mungkin Ronaldo kembali ke Manchester United tanpa berbicara dengan Fergie terlebih dahulu.