Liga Indonesia

Mendapat Sorotan, Pelatih Bali United Pahami Situasi Sulit Wasit Liga 1

Jumat, 3 September 2021 14:35 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Bali United
Selebrasi pemain Bali United M Rahmat usai menjebol gawang Persik Kediri pada pembukaa Liga 1. Copyright: © Bali United
Selebrasi pemain Bali United M Rahmat usai menjebol gawang Persik Kediri pada pembukaa Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menyadari situasi sulit para wasit Indonesia ketika kembali bertugas di Liga 1 2021/2022. Sama seperti pemain, wasit pun butuh waktu untuk mengembalikan performa.

Keputusan pengadil lapangan mendapat sorotan dalam tiga partai awal Liga 1 2021-2022. Pada partai pembuka yang mempertemukan Bali United lawan Persik Kediri, wasit kurang jeli dalam mengamati proses penalti.

Penalti tersebut didapat Persik usai penyerang Bali United, Melvin Platje menjatuhkan Arthur Felix Silva. Peluang itu kemudian dieksekusi penyerang Persik, Youssef Ezzejjari.

Peluang itu gagal berbuah gol karena sepakan Youssef ditepis kiper Bali United, Wawan Hendrawan. Namun, dalam tayangan ulang terlihat Wawan sudah melewati garis gawang saat Youssef hendak menendang bola.

Pada saat bersamaan, bek Bali United, Willian Pacheco juga sudah masuk ke dalam kotak penalti. Seharusnya, para pemain baru bisa masuk kotak ketika tendangan sudah dilakukan.

Kesalahan kembali terjadi pada laga Persita Tangerang kontra Persipura Jayapura. Gol Ahmad Nur Hardianto dianulir karena dianggap offside. Namun dalam tayangan ulang, gol tersebut tidak offside.