Bola Internasional

Kiprah 2 Negara Wakil AFF di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia

Minggu, 5 September 2021 20:48 WIB
Editor: Juni Adi
© FIFA.com
Logo Piala Dunia 2022. Copyright: © FIFA.com
Logo Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Dua negara perwakilan dari federasi AFF saat ini tengah berjuang di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yakni Australia dan Vietnam.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia telah memasuki babak ketiga, yang artinya tinggal selangkah lagi bagi para tim yang berjuang untuk bisa tampil di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar nanti.

Total ada 12 tim yang berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini, mereka adalah Suriah, Iran, Arab Saudi, Jepang, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, China, Irak, Oman, Lebanon, Australia dan Vietnam.

Ke-12 tim tersebut dibagi menjadi dua grup, dengan dua tim yang finis di posisi ke-1 dan ke-2 akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2022.

Sementara peringkat ketiga dari masing-masing grup akan bertarung di babak keempat untuk memperebutkan tiket play-off antar konfederasi.

Dari negara-negara di atas, terdapat dua negara yang mencuri perhatian dari perwakilan federasi sepak bola Asia Tenggara, AFF, yakni Vietnam dan Australia.

Keduanya tampil mengejutkan sehingga mampu lolos ke babak selanjutnya terutama Vietnam. Negeri penganut paham komunis itu lolos ke babak ketiga berkat finis di peringkat ke-2 dalam babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G.

Tergabung bersama Uni Emirat Arab, Malaysia, Thailand dan Timnas Indonesia, Vietnam mampu meraih 17 poin hasil dari 5 kali menang, 2 kali imbang dan 1 kali kalah.

Vietnam berhak menemani Uni Emirat Arab yang memuncaki klasemen dengan 18 poin, untuk berlaga di babak ketiga. Sementara Australia lolos tanpa hambatan.

Masuk di Grup B bersama Kuwait, Yordania, Nepal dan Taiwan, Australia berhasil menyapu bersih 8 laga dengan kemenangan tanpa tersentuh kekalahan. Mereka pun lolos dengan status juara grup B yang mengoleksi 24 poin.