Bola Internasional

Ahli Matematika Hitung Siapa yang Lebih Hebat Antara Messi vs Ronaldo

Kamis, 9 September 2021 18:47 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Ahli matematika asal Inggris, Dr Tom Crawford, punya cara sendiri untuk menjawab pertanyaan siapakah pemain sepak bola terhebat antara Lionel Messi dan Ronaldo. Copyright: © Getty Images
Ahli matematika asal Inggris, Dr Tom Crawford, punya cara sendiri untuk menjawab pertanyaan siapakah pemain sepak bola terhebat antara Lionel Messi dan Ronaldo.

INDOSPORT.COM - Seorang ahli matematika asal Inggris, Dr Tom Crawford, punya cara sendiri untuk menjawab pertanyaan siapakah pemain sepak bola paling hebat antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pertanyaan itu agaknya menjadi tanda tanya besar di dunia sepak bola selama satu dekade belakangan. Pertanyaan itu akhirnya bisa dipecahkan oleh Dr Tom Crawford, seorang ahli yang selama ini berkarya di Universitas Oxford.

Ia merancang model data untuk membandingkan 10 pemain pria terbaik sepanjang masa. Pemain yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Crawford kemudian memberikan peringkat menggunakan statistik.

Untuk bisa dalam daftar 10 pemain terhebat, ia harus mencetak skor tinggi di tujuh kategori berbeda. Kategori yang dimaksud adalah jumlah piala klub, piala internasional, gol klub, gol internasional, Ballon d'Or (minimal dua wajib), rekor, serta faktor Z (hitungan statistik secara matematis).

Setelah dilakukan perhitangan, statistik Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menduduki daftar dua teratas. Akan tetapi Ronaldo berhasil mengalahkan Messi dalam daftar tersebut.

CR7 unggul dalam rekor gol internasional serta kesuksesan di berbagai liga domestik. Dua hal itu membuat Cristiano Ronaldo bisa mengalahkan penilaian Lionel Messi.