Bola Internasional

Langkah Timnas Indonesia Makin Berat, India Ngotot Ingin Ikut Piala AFF

Rabu, 15 September 2021 18:35 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ambisi timnas Indonesia meraih gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya akan semakin berat menyusul India yang ingin ikut dalam turnamen tersebut.

Dilansir dari Times of India, Federasi Sepak Bola India (AIFF) telah mengajukan proposal ke Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) agar diberikan izin ikut serta dalam gelaran Piala AFF.

Sekjen AIFF bernama Kushal Das menjelaskan alasan mengapa timnas India ngotot ingin ikut turnamen yang bukan dari wilayahnya tersebut.

Ia mengaku ingin memberikan tantangan bagi timnas India apalagi negara ASEAN dihuni oleh banyak tim-tim kuat seperti Vietnam, Thailand hingga Timnas Indonesia.

"Tujuannya adalah agar Timnas kami mendapatkan tekanan yang terbaik dalam kompetisi. Respons AFF sangat positif, akan tetapi kami terjebak pada situasi pandemi virus corona," ujar Kushal Das.

"Ketika AFF menerima permintaan kami, maka kami akan turut dalam kompetisi mereka dengan sungguh-sungguh," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, bila AFF menyetujui proposal yang diajukan oleh India, maka perjuangan timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong bakal semakin berat.

Sejak pertama Piala AFF digelar pada 1996 silam, timnas Indonesia tercatat sudah lima kali tampil hingga partai final namun selalu menderita kekalahan.