Liga Indonesia

Keren, Muba Babel United Datangkan Mantan Bek Atletico Penarol Uruguay

Rabu, 22 September 2021 21:15 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Media Muba Babel United
Bek anyar Muba Babel United, Zainal Haq. Copyright: © Media Muba Babel United
Bek anyar Muba Babel United, Zainal Haq.

INDOSPORT.COM - Menjelang bergulirnya Liga 2 2021 pada Minggu (26/9/21) nanti, Muba Babel United dirumorkan mendatangkan pemain berlabel Liga 1, Zainal Haq.

Saat dikonfirmasi awak media usai latihan di Mini Soccer Prioritas, Palembang, Rabu (22/9/21) pagi, manajer Muba Babel United, Achmad Haris, membenarkan. Pihaknya disebut telah mendapatkan tanda tangan Zainal Haq.

“Zainal Haq bersama kami dalam mengarungi kompetisi Liga 2 2021. Dia merupakan pemain berposisi sebagai bek tengah yang sarat pengalaman,” kata Haris.

Zainal Haq, lanjut Haris, sudah bergabung dalam latihan Muba Babel United yang dipimpin Sasi Kirono di Mini Soccer Prioritas Palembang.

“Kami membutuhkan pengalaman dari pemain seperti Zainal Haq ini,” ujar Achmad Haris yang juga menjabat Staf Khusus Bupati Musi Banyuasin (Muba) Bidang Pemuda dan Olahraga tersebut.

Zainal Haq merupakan pemain kelahiran Sidoarjo, 5 April 1992. Posturnya cukup ideal, 1,75 meter dan berat 68 kg. Sejumlah klub besar Tanah Air pernah menggunakan jasanya, antara lain Mitra Kukar, Badak Lampung FC, Kalteng Putra, Persela Lamongan, dan Surabaya United.

Nama Zainal Haq pernah mencuat ketika direkrut Atletico Penarol pada Januari 2011. Klub elite Uruguay ini tertarik selepas melihat aksinya bersama Sociedad Anonima Deportiva (SAD), sebuah tim berisi pemain muda Indonesia yang sedang menimba ilmu di sana.

Di Penarol, Zainal Haq tampil bersama tim U-19. Namun, kiprahnya bisa dibilang singkat menyusul cedera lutut parah yang menderanya. Setelah operasi, dia menjalani terapi selama enam bulan di Uruguay.

"Sempat pulang ke Indonesia untuk memulihkan cedera, kemudian kembali ke Penarol. Tapi, tidak lama karena direkrut Vise (Belgia)," kenang Zainal dalam kanal Youtube Omah Balbalan.