PON XX Papua: Ini Penyebab Kekalahan Sepak Bola Jabar dari Tuan Rumah

Selasa, 28 September 2021 11:55 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dokumentasi tim sepak bola Putra Jawa Barat
Pelatih, wakil manajer tim sepak bola putra Jawa Barat untuk PON XX Papua 2021. Copyright: © Dokumentasi tim sepak bola Putra Jawa Barat
Pelatih, wakil manajer tim sepak bola putra Jawa Barat untuk PON XX Papua 2021.

INDOSPORT.COM - Tim sepak bola putra Jawa Barat harus mengakui keunggulan tuan rumah Papua dengan skor 5-1, pada penyisihan Grup A Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (27/09/21).

Asisten pelatih tim sepak bola Jawa Barat, Sujana, menuturkan pada pertandingan tersebut mental bertanding anak asuhnya menurun setelah Papua mencetak gol pembuka di awal babak pertama.

Jadi, pada babak pertama anak asuhnya sulit berkembang serta tidak bisa mencetak gol, dan saat turun minum Jawa Barat harus tertinggal 0-2.

"Kalau menurut saya memang satu gol pertama Papua di awal babak pertama menit ketujuh atau delapan, langsung down anak-anak tidak bisa berkembang," kata Sujana saat dihubungi INDOSPORT.com, Senin (27/09/21).

Memasuki babak kedua, pelatih Jawa Barat, Yudiantara, melakukan perubahan strategi dan memasukkan tenaga baru. Permainan tim Jabar mulai mengalami perkembangan dan berani memegang bola lebih lama.

Hanya saja, saat kehilangan bola tim Papua mampu menekan pertahanan tim Jabar, sehingga Wildan Ramdhani harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 5-1.

"Kita tim pelatih babak kedua mengganti pemain strategi dan bisa mulai berjalan skor 3-0 jadi 3-1, mulai bangkit, anak-anak tadinya gak mau pegang bola dari belakang ke gelandang," ucap Sujana.

"Begitu memasukkan pemain baru dan ada perubahan sedikit, tapi begitu kita pegang bola kehilangan dan bola di counter kita habis ketinggalan," ungkapnya.