Liga Spanyol

Hasil Pertandingan Liga Spanyol Espanyol vs Real Madrid: Los Blancos Akhirnya Tumbang

Minggu, 3 Oktober 2021 23:27 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berikut hasil Liga Spanyol antara Espanyol vs Real Madrid, Minggu (03/10/21). Espanyol membuat kejutan dengan membuat Los Blancos menelan kekalahan perdana.

Laga seru tersaji di pekan kedelapan Liga Spanyol 2021/2022 ketika Espanyol menjamu Real Madrid, Minggu (03/10/21) pukul 21.15 WIB.

Los Blancos yang belum terkalahkan memburu kemenangan demi mengamankan posisi mereka di puncak klasemen. Sementara itu, juga mengincar 3 angka demi menjauh dari zona degradasi.

Real Madrid membuka pertandingan dengan meraih peluang lebih dulu lewat Karim Benzema di menit keenam. Namun, tembakan sang kapten masih bisa diamankan Diego Lopez.

Delapan menit kemudian, bintang asal Prancis itu lagi-lagi harus gigit jari setelah tembakannya kembali bisa diamankan Lopez.

Gol! Kejutan terjadi di menit ke-17, ketika justru Espanyol yang membuka skor lebih dulu. Memanfaatkan umpan Adrian Embarba, Raul de Tomas yang berdiri bebas sukses menundukkan Thibaut Courtois lewat sepakan dari dalam kotal penalto. Tuan rumah unggul 1-0.

Tersentak oleh gol tersebut, Madrid coba meningkatkan serangan. Namun, sejumlah peluang lewat Benzema dan Eder Militao gagal membuahkan hasil.

Los Blancos terus mengurung pertahanan Espanyol dan mendominasi permainan dengan menguasai bola hingga 65%. Meski demikian, buruknya kualitas serangan dan tangguhnya pertahanan tuan rumah menyulitkan upaya mereka.

Sejumlah upaya yang dilancarkan Toni Kross dkk pun gagal memberikan ancaman berarti dan hanya membuahkan sepak pojok. Babak pertama pun akhirnya tuntas dengan skor 1-0 untuk Espanyol.

Real Madrid pun mengawali babak kedua dengan melalukan perubahan. Pelatih Carlo Ancelotti memasukkan Rodrygo menggantikan Eduardo Camavinga.

Masuknya bintang muda Brasil itu sedikit meningkatkan serangan Real Madrid. Meski demikian, upaya-upaya Los Blancos hanya menghasilkan sepak pojok yang gagal mereka maksimalkan.

Gol! Menit ke-60, justru Espanyol yang berhasil mencetak gol kedua mereka. Aleix Vidal melakukan aksi individu apik dengan menggiring bola dari tengah lapangan hingga ke dalam kotak penalti, sebelum melepaskan tembakan kaki kanan. Tuan rumah unggul makin jauh 2-0.

Ancelotti pun merespons dengan melakukan 2 pergantian sekaligus hanya 2 menit setelah gol Vidal. Luka Jovic dan Casemiro masuk menggantikan Luka Modric dan Toni Kroos.

Menit ke-64, Espanyol nyaris saja memperlebar keunggulan mereka menjadi 3 gol andai sepakan Sergi Darder tidak melenceng tipis dari sisi gawang.

Gol! Menit ke-71, Real Madrid akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan lewat aksi Karim Benzema. Usai mengecoh dua pemain belakang Espanyol, Benzema melepaskan tendangan dari tepi kotak penalti yang tak bisa dijangkau Lopez.

Sukses memperkecil skor, Ancelotti kembali melakukan perubahan dengan memasukkan Eden Hazard menggantikan Vinicius untuk menambah daya dobrak.

Dua belas menit setelah dimasukkan, Hazard berhasil menjebol gawang Lopez. Sayangnya, gol tersebut kemudian dianulir karena offiside.

Semenit menjelang waktu normal berakhir, David Alaba  mendapat peluang lewat tendangan bebas. Namun sepakannya bahkan gagal melewati pagar betis.

Hingga 5 menit perpanjangan waktu berakhir, tak ada tambahan gol yang tercipta. Espanyol menang 2-1 dan memaksa Real Madrid menelan kekalahan perdana di Liga Spanyol musim ini. 

Dengan hasil ini, Real Madrid memang masih bertahan di puncak klasemen Liga Spanyol. Namun, koleksi poin mereka kini sama dengan Atletico Madrid yang ada di posisi kedua, yakni 17 poin. Sementara itu Espanyol naik ke peringkat 12.

Susunan pemain:

Espanyol (4-1-4-1): Lopez; Gil, Gomez, Cabrera, Pedrosa; Bare; Vidal, Melendo, Darder, Embarba; de Tomas.

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Vazquez, Militao, Fernandez, Alaba; Modric, Camavinga, Kroos; Valverde, Benzema, Vinicius.