Bola Internasional

Jalin Kerja Sama dengan Dortmund, Klub Malaysia Bakal Kirim Pemain Lokal ke Bundesliga

Rabu, 6 Oktober 2021 12:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Pinterest
Logo klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund. Copyright: © Pinterest
Logo klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

INDOSPORT.COM – Klub kecil asal Malaysia, Langkawi City, berencana mengirim pemain lokalnya ke Bundesliga. Tak tanggung-tanggung, Borussia Dortmund menjadi klub tujuan mereka.

Dilansir dari Vocketfc, Langkawi City FC (LCFC) resmi menjalin kerja sama dengan klub raksasa asal Jermman, Borussia Dortmund, untuk melakukan program pengembangan akar rumput.

Melalui kerja sama ini, anak-anak muda di Langkawi berkesempatan datang dan belajar ilmu sepak bola dari Dortmund untuk mengasah bakatnya guna menghasilkan lebih banyak pemain lokal yang berkualitas.

Kerja sama antar kedua klub ini dimulai pada 1 September 2021 hingga 23 Desember 2023.

Menariknya,LCFC juga berencana mengirimkan setidaknya lima pemain muda berbakat untuk bermain bersama klub-klub luar negeri termasuk Eropa.

“Target kami dalam lima tahun ke depan adalah membangun kekuatan di antara pemain di bawah usia 20 tahun. Kami berusaha untuk mendapatkan setidaknya lima pemain dari Kota Langkawi untuk bermain di luar Malaysia atau di Eropa. Itu target kami,” kata Presiden Langkawi City FC, Rohizan Abdullah.

Di sisi lain, managing Director Borusia Dortmund Football Academy, Benedikt Scholz, mengakui bahwa pemain-pemain Malaysia memiliki potensi untuk bersinar di Eropa.

Para pemain ini diharapkan bisa mengikuti jejak pemain-pemain Asia yang pernah pernah merumput bersama klub. Misalnya, pemain asal Jepang, Shinji Kagawa yang bermain bersama tim pada 2014 hingga 2019.

“Bukan tidak mungkin. Suatu saat akan ada pemain dari Langkawi. Pemain Jepang, Shiji Kagawa sudah membuktikannya. Saya yakin melalui sistem pengembangan sepakbola yang tepat, bukan tidak mungkin pemain asal Malaysia bisa bermain di Dortmund.”

“Kami siap membantu Kota Langkawi dan memberikan kerjasama dengan mengirimkan pelatih-pelatih terbaik untuk mendeteksi bakat-bakat baru di sana,” kata Scholz.

Akademi Borussia Dortmund memang sudah tak diragukan kehebatannya di dalam mencetak pesepak bola kelas dunia. Tak sedikit pemain muda mentah menjelma mempunyai kualitas di atas rata-rata.