In-depth

Meroketnya Gavi, Jebolan La Masia Barcelona Menuju Timnas Spanyol

Rabu, 6 Oktober 2021 21:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Berengui/DeFodi Images via Getty Images
Gavi, pemain muda Barcelona yang dipanggil ke Timnas Spanyol. Copyright: © Berengui/DeFodi Images via Getty Images
Gavi, pemain muda Barcelona yang dipanggil ke Timnas Spanyol.

INDOSPORT.COM - Pablo Martin Paez Gavira alias Gavi, adalah permata berharga Timnas Spanyol yang mentas dari La Masia Barcelona.

Selama bertahun-tahun La Masia telah menelurkan banyak pemain hebat, baik yang disuplai ke tim senior Barcelona maupun yang pergi mencari pengalaman lain di luar sana.

Salah satu nama yang meroket tajam adalah Gavi, yang baru saja melakoni debutnya di skuat Ronald Koeman. Ia masuk sebagai pemain pengganti Sergi Roberto di laga kontra Getafe pada akhir Agustus 2021.

Pemuda yang digadang-gadang sebagai The Next Xavi Hernandez ini terus tampil memukau di tim senior Barcelona, bersaing ketat dengan sesama pemain muda lain, Riqui Puig.

Menyusul rangkaian penampilan impresif bersama Gerard Pique dkk, Gavi pun dilirik Luis Enrique ke skuat Timnas Spanyol untuk agenda jeda internasional Oktober ini.

Meski keputusan ini membuat sejumlah pihak mengerutkan dahi, Luis Enrique tentu tidak akan nekat maupun sembarangan memilih pemain. Ia mengaku sudah mengenal Gavi sejak ia masih menukangi Barcelona dulu.

"Saya kenal Gavi sejak bertahun-tahun lalu. Ia memang talenta yang menonjol di akademi Barcelona. Saya sama sekali tidak ragu saat akan memanggilnya karena ia pasti bermain bagus," jelas Luis Enrique.

Tidak butuh lama bagi Gavi untuk mendapat panggilan ke skuat Timnas Spanyol. Hanya enam pertandingan saja dan Luis Enrique langsung mengambil langkah cepat memboyongnya ke skuat La Roja.

Apalagi dari enam pertandingan tersebut, Gavi tercatat sebagai starter Barcelona hanya dua kali. Di samping itu, ia juga belum pernah menyelesaikan secara penuh 90 menit bermainnya di lapangan. Namun itu saja sepertinya cukup.