In-depth

Hansi Flick: Penjual Alat Olahraga yang Sukses Jadi Pelatih Jerman

Kamis, 7 Oktober 2021 21:59 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Sven Hoppe/picture alliance via Getty Images
Hansi Flick, pelatih Bayern Munchen Copyright: © Sven Hoppe/picture alliance via Getty Images
Hansi Flick, pelatih Bayern Munchen

INDOSPORT.COM – Kisah Hansi Flick, pelatih timnas Jerman yang dulunya merupakan pedagang peralatan olahraga sebelum menjadi juru taktik ternama di dunia.

Jika ada orang yang beruntung sekaligus pekerja keras, ia adalah Hansi Flick. Pria berusia 56 tahun ini tadinya bukanlah siapa-siapa dan kini berhasil menjadi tumpuan Jerman untuk mengulang kesuksesan di sepak bola.

Hansi Flick merupakan pelatih Jerman kelahiran 24 Februari 1965. Karier sepak bolanya bermula dari bermain di mana ia mengawali karier profesional di SV Sandhausen pada tahun 1982.

Pelan tapi pasti, ia mulai mendapat pengakuan sebagai pemain hingga diboyong Bayern Munchen pada 1985 di mana ia tampil sebanyak 104 kali dan memenangi empat gelar Bundesliga Jerman.

Usai membela Bayern Munchen, Hansi Flick bermain untk FC Koln hingga 1993 dan berlabuh ke FC Bammental sampai gantung sepatu pada tahun 2000.

Kariernya sebagai pemain memang tak mentereng. Namun, kariernya sebagai pelatih patut diacungi jempol, kendati harus ia dapatkan dalam waktu yang lama.

Hansi Flick menjadi alasan Bayern Munchen bisa meraih Sextuple keduanya di musim 2019/20. Bahkan karena prestasi ini, ia berhasil menjadi pelatih Timnas Jerman.

Siapa sangka, perjalanannya hingga menjadi pelatih Der Panzer tak semulus seperti apa yang dilihat penikmat sepak bola beberapa tahun terakhir.

Sebelum menjadi pelatih timnas Jerman, Hansi Flick bahkan harus bergelut sebagai penjual peralatan olahraga di kampung halaman istrinya.