Liga Indonesia

Indikasi Match Fixing di Sepak Bola PON Papua, Bung Towel: Karier Pemain Bisa Tamat

Sabtu, 9 Oktober 2021 10:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© pssi.org
Bung Towel buka suara atas dugaan pengaturan skor alias match fixing di laga sepak bola PON XX Papua 2021 antara Kalimantan Timur vs Aceh. Copyright: © pssi.org
Bung Towel buka suara atas dugaan pengaturan skor alias match fixing di laga sepak bola PON XX Papua 2021 antara Kalimantan Timur vs Aceh.

INDOSPORT.COM - Ada indikasi pengaturan skor alias match fixing dalam pertandingan sepak bola di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang tengah berlangsung. Bung Towel pun buka suara.

Hal ini terjadi dalam pertandingan antara Provinsi Kalimantan Timur vs Aceh yang digelar pada Senin (04/10/21) lalu. Laga ini merupakan penyisihan terakhir di Grup C.

Sempat bermain imbang 2-2, lalu pemain Kaltim, Rizky Ramadhan mengambil bola rebound di area pertahanan, tapi justru bola meluncur ke gawangnya sendiri.

Hal ini tentu saja membuat Kaltim kalah dari Aceh dengan skor 2-3. Banyak pihak yang menyayangkan hal ini, bahkan banyak pula yang menduga laga itu diwarnai match fixing.

Kontroversi di PON Papua ini juga menjadi perhatian khusus bagi pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel, yang pernah jadi technical delegate PON 2016.

Menurutnya, andai benar-benar terjadi gol bunuh diri dengan sengaja, bahkan terjadi praktik sepak bola gajah atau main sabun, maka karier sang pemain tentu akan tamat.

"Buat saya, pemain yang sengaja mau gol bunuh diri, atau hal-hal yang mencederai sportivitas dan faiplay, menurut saya itu sebodoh-bodohnya pemain bola," tegas Bung Towel.