Indikasi 'Main Sabun' di PON Papua, Bung Towel Terkenang Skandal PSIS vs PSS

Sabtu, 9 Oktober 2021 17:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram/@bungtowel8
Komentator Sepakbola, Tommy Welly Copyright: © Instagram/@bungtowel8
Komentator Sepakbola, Tommy Welly

INDOSPORT.COM - Ada indikasi 'main sabun' yang terjadi di babak penyisihan Grup C Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, cabang olahraga sepak bola.

Hal ini terjadi dalam pertandingan antara Provinsi Kalimantan Timur vs Aceh yang digelar pada Senin (04/10/21) lalu. Laga digelar di Stadion Barnabas Youwe.

Sempat bermain imbang 2-2, lalu pemain Kaltim, Rizky Ramadhan mengambil bola rebound di area pertahanan, tapi justru bola meluncur ke gawangnya sendiri.

Hal ini tentu saja membuat Kaltim kalah dari Aceh dengan skor 2-3. Banyak pihak yang menyayangkan hal ini, bahkan banyak yang menduga laga itu diwarnai pengaturan skor.

Kontroversi di PON Papua ini juga menjadi perhatian khusus bagi pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel, yang pernah jadi technical delegate PON 2016.

Ia pun memaparkan sejumlah kasus di mana terdapat skandal 'main sabun' atau sengaja mengalah karena ada kepentingan tertentu, yang umumnya diawali oleh gol bunuh diri.

Bung Towel pun mengutuk keras jika benar ada indikasi main sabun dalam PON Papua 2021. Ia juga mewanti-wanti agar pemain tetap mengusung sportivitas dan fairplay.

"Tolong bagi para pemain, ingat sejarah, buka dokumentasi, baca cerita sepak bola. Skandal gol bunuh diri maupun skandal buruk di lapangan hijau," ujar Bung Towel.

"Buat saya, pemain yang sengaja mau gol bunuh diri, atau hal-hal yang mencederai sportivitas dan faiplay, menurut saya itu adalah sebodoh-bodohnya pemain bola."

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%