Liga Indonesia

Takut Barito Putera Mati Suri, Politisi Lokal Siap Jadi 'Bapak Angkat'

Sabtu, 9 Oktober 2021 22:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Logo klub Liga 1, Barito Putera. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Logo klub Liga 1, Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Takut Barito Putera mati suri dan tidak bisa lagi memberikan perlawanan di Liga 1 2021-2022, politisi ini bersedia menjadi 'bapak angkat' para pemain.

Ada pun sosok yang dimaksud ialah Supian HK. Dia saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kalimantan Selatan, provinsi tempat Barito Putera bernaung.

Barito Putera kini memang memiliki sponsor utama, yaitu Hasnur Group, bisnis yang juga milik H. Abdussamad Sulaiman HB (alm), founder klub Barito pada 1988.

Di samping sponsor utama, Barito juga pernah menerapkan konsorsium dalam pengelolaan keuangan, di mana ada peran sejumlah pengusaha dan pejabat lokal.

Salah satunya, ada Supian HK yang pernah menjadi 'bapak angkat' bagi pemain Barito Putera era 2000-an. Layaknya orang tua, ia memberikan kucuran dana untuk pemain.

"Waktu itu ada satu pemain sebagai anak asuh atau anak angkat, saya bantu sekitar Rp250 juta setiap tahunnya," imbuh Supian HK via Klik Kalsel, Kamis (7/10/21).

Diketahui, pemain itu ternyata adalah Sofyan Morhan, bek kiri potensial milik Barito Putera pada masanya, dan kini ia masuk jajaran kepelatihan Laskar Antasari.

Menurut Supian, kucuran dana seperti ini tidak hanya membantu Barito Putera tetap eksis di kompetisi nasional, melainkan bisa membawa tim berjuluk Laskar Antasari itu berprestasi.

Barito Putera pernah melaju ke semifinal Liga Indonesia 1994-1995, bahkan bersaing dengan sejumlah tim besar seperti Persib Bandung, Petrokimia Putra, dan lain-lain.