Bola Internasional

Ricky Kambuaya, Gelandang Subur Persebaya yang Jadi Bintang Baru Timnas Indonesia

Selasa, 12 Oktober 2021 13:06 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Bandung Saputra/PSSI
Moncer bersama Persebaya, Ricky Kambuaya menembus timnas Indonesia dan berhasil mencetak gol saat menghadapi Taiwan di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Copyright: © Bandung Saputra/PSSI
Moncer bersama Persebaya, Ricky Kambuaya menembus timnas Indonesia dan berhasil mencetak gol saat menghadapi Taiwan di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM – Moncer bersama Persebaya, Ricky Kambuaya menembus timnas Indonesia dan berhasil mencetak gol saat menghadapi Taiwan di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Laga seru tersaji di leg kedua playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Senin (11/10/21) pukul 20.00 ketika Taiwan bertemu Indonesia. Skuat Garuda punya modal bagus karena menang 2-1 di leg pertama, sehingga hasil imbang sudah cukup untuk meloloskan mereka ke putaran final kualifikasi.

Tampil di venue netral yakni Chang Arena di Thailand, Indonesia yang berstatus tim tamu langsung menggebrak. Menit ke-25 pasukan Shin Tae-yong sudah mencetak gol pertama lewat Egy Maulana Vikri.

Unggul 1 gol tak mengendorkan serangan skuat garuda. Di babak kedua, mereka berhasil menambah 2 gol lagi lewat Ricky Kambuaya di menit ke-55 dan Witan Sulaeman di injury time.

Indonesia pun menutup laga dengan kemenangan telak 3-0 (agregat 5-1). Hasil ini meloloskan Egy Maulana dkk ke putaran final kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar Februari tahun depan.

Seusai laga, sorotan tertuju pada sejumlah bintang timnas Indonesia yang tampil apik di laga itu. Salah satunya adalah Ricky Kambuaya, sang pencetak gol kedua.

Bintang Persebaya itu memang tampil gemilang di laga tersebut. Turun sebagai starter, ia tampil energik di lini tengah.

Tak hanya mencetak 1 gol, ia juga menciptakan 1 assist, melakukan 5 intersep, dan melepaskan 2 tembakan ke gawang.

Gol Kambuaya terbilang indah. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Taiwan dalam mengadang umpan silang Evan Dimas, Kambuaya melepaskan tembakan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Pemain 25 tahun itu bahkan bisa saja mencetak brace di laga tersebut, andai tendangan kerasnya di menit ke-41 usai melakukan umpan satu dua yang apik tidak digagalkan kiper Shin Shin-an.