Liga Indonesia

Arema FC Minim Kebobolan, Adilson Maringa Hampir Sejajar Kurnia Meiga

Rabu, 13 Oktober 2021 12:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© PSM Makassar
Adilson Maringa (kiri) saat mengawal gawang Arema FC di laga kontra PSM Makassar. Copyright: © PSM Makassar
Adilson Maringa (kiri) saat mengawal gawang Arema FC di laga kontra PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Terdapat perubahan signifikan yang terlihat di tubuh Arema FC sepanjang awal musim Liga 1 2021-2022, tepatnya seri pertama. Gawang mereka kini sulit dijebol, seperti saat masih diperkuat Kurnia Meiga.

Alasannya tentu saja keberadaan sosok tangguh di bawah mistar bernama Adilson Maringa. Kiper asing berkebangsaan Brasil ini baru kebobolan empat gol dari enam laga Liga 1 2021-2022.

Hebatnya lagi, tiga pertandingan terakhir dilalui Adilson dengan steril alias tanpa kebobolan, masing-masing saat ditahan imbang PSIS Semarang (0-0) serta mengalahkan Persipura Jayapura (1-0) dan Persela Lamongan (3-0).

Di atas lapangan, Adilson Maringa juga seringkali berjibaku melakukan penyelamatan krusial yang menghindarkan Arema FC dari kenyataan pahit berupa kekalahan. Bukti sahihnya kala berjumpa PSM Makassar (1-1) dan Bhayangkara FC (1-1).

Memiliki kiper jempolan memang sudah sangat dirindukan oleh suporter Arema FC sejak kehilangan Kurnia Meiga yang mendadak terkena penyakit misterius pada pertengahan 2017.

Tengok saja dua musim terakhir tanpa Kurnia Meiga. Angka kebobolan Arema FC bahkan sudah menyentuh dua digit di enam laga awal musim, dengan perincian 13 (Liga 1 2018) dan 12 (Liga 1 2019).

Di Liga 1 2018, beban berat mengawal gawang Arema FC diemban oleh tiga kiper secara bergantian, yaitu Utam Rusdiana, Kurniawan Kartika Ajie, dan Joko Ribowo. 

Semusim kemudian, Joko Ribowo hengkang ke PSIS Semarang, meninggalkan Utam Rusdiana dan Kurniawan Kartika Ajie di awal musim. Mereka dinilai gagal meneruskan tongkat estafet Kurnia Meiga.

Sekadar mengingatkan, Kurnia Meiga mencatat statistik mentereng ketika menjadi palang pintu terakhir Arema FC di Liga 1 2017. Dia cuma pernah dua kali memungut bola dalam enam laga awal musim, plus mengukir empat clean sheet

Rekor nirbobol ditorehkan dalam empat laga beruntun, masing-masing melawan Persib Bandung (0-0), Bhayangkara FC (2-0), Persiba Balikpapan (1-0), dan Barito Putera (1-0), sebelum dirusak PSM Makassar di pekan kelima Liga 1 2017.

Membandingkan dengan musim ini, Adilson Maringa hampir menyamai rekor Kurnia Meiga. Pantas bila kiper berusia 31 tahun ini menjadi idola baru Aremania.