Bola Internasional

Kisah Kecurangan Chile di Kualifikasi Piala Dunia yang Berhasil Digagalkan Sebuah Foto

Jumat, 15 Oktober 2021 11:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter/@Sportazine
Roberto Rojas tersungkur pada laga Brasil vs Chile 1989 Copyright: © Twitter/@Sportazine
Roberto Rojas tersungkur pada laga Brasil vs Chile 1989

INDOSPORT.COM – Mengenang kecurangan Chile melalui kipernya, Roberto Rojas di Kualifikasi Piala Dunia 1990 kontra Brasil yang berhasil digagalkan oleh sebuah foto.

Kualifikasi Piala Dunia 1990 zona CONMEBOL menghadirkan drama yang dibalut kecurangan yang dilakukan Roberto Rojas saat Brasil menjamu Chile pada tahun 1989.

Pada tahun tersebut, Brasil menjamu Chile di Maracana untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 1990 yang digelar di Italia.

Sebelum duel ini, Brasil dan Chile mampu menang dua kali atas Venezuela di grup 3. Karena juara grup yang akan lolos langsung, maka laga antara keduanya menjadi partai hidup dan mati.

Seperti laga hidup dan mati lainnya, pertandingan berlansung sengit sejak menit pertama. Namun di menit ke-46, Brasil berhasil mencetak gol lewat Careca.

Gol itu pun disambut pendukung Brasil yang memenuhi Stadion Maracana. Gol itu disambut dengan kembang api dan flare atau suar. Hingga akhirnya di menit ke-67, sebuah insiden yang mengubah takdir terjadi.

Suar yang dinyalakan pendukung tuan rumah itu masuk ke lapangan. Saat itu pula, Roberto Rojas selaku kiper Chile terjatuh ke tanah.

Seketika ofisial Chile berlari dan membantu Rojas berdiri. Tak disangka, ia mengalami kejadian buruk di mana wajahnya berlumuran darah. Alhasi, Chile pun enggan melanjutkan pertandingan.

Karena insiden itu, banyak orang yang meyakini bahwa Rojas berlumuran darah akibat suar. Brasil selaku tuan rumah pun berada dalam ancaman mendapat hukuman dan tereliminasi.

Namun pada akhirnya, malah Roberto Rojas dan Chile yang harus mendapat hukuman dari FIFA. Hukuman ini diberikan setelah tersebarnya sebuah foto sehari pasca laga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
60%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%