In-depth

Mengenal Jamal Khashoggi: Sosok yang Buat Newcastle Jadi Sasaran Protes Aktivis HAM

Selasa, 19 Oktober 2021 10:49 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© The Asahi Shimbun/The Asahi Shimbun
Jamal Khashoggi, jurnalis yang diduga dibunuh oleh Pangeran Mohammad Bin Salman selaku pemilik baru Newcastle United Copyright: © The Asahi Shimbun/The Asahi Shimbun
Jamal Khashoggi, jurnalis yang diduga dibunuh oleh Pangeran Mohammad Bin Salman selaku pemilik baru Newcastle United

INDOSPORT.COM – Mengenal Jamal Khashoggi, sosok yang membuat nama Pangeran Mohammad Bin Salman dan Newcastle United menjadi kecaman para aktivis HAM.

Akusisi saham Newcastle United oleh Pangerang Mohammed Bin Salman bukannya tanpa hambatan. Kecaman datang dari berbagai pihak.

Kecaman pertama datang dari 19 klub Premier League atau Liga Inggris karena takut akan tercorengnya reputasi kompetisi tersebut.

Kecaman ini berkaitan dengan kecaman yang dilemparkan para aktivis HAM yang menyebut sosok Pangeran Mohammed Bin Salman telah melakukan pelanggaran HAM dengan membunuh Jamal Khashoggi.

Aksi protes para aktivis HAM akan akuisisi saham Newcastle United oleh Pangeran Mohammed Bin Salman pun terlihat jelas di laga pekan ke-8 Liga Inggris atau laga perdana di bawah kepemilikan putra mahkota Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Saat menjamu Tottenham Hotspur di St James Park, para aktivis HAM melakukan aksi demonstrasi di jalan dekat dengan markas Newcastle itu.

Nampak sebuah mobil terparkir di sekitar stadion dengan gambar wajah Jamal Khashoggi dan Pangeran Mohammed Bin Salman.

Selain terdapat dua wajah tersebut, ada pula tulisan berupa pesan yang berbunyi ‘Dibunuh 2.10.18 #KeadilanUntukJamal’.

Lantas, siapa sosok Jamal Khashoggi itu? Bagaimana kejadian pembunuhannya yang diduga melibatkan Pangeran Mohammed Bin Salman sehingga Newcastle United kini menjadi klub yang dicecar para aktivis HAM?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%