Liga Indonesia

Evaluasi Liga 1 dan 2: Menpora Gembira, PSSI Kaji Ulang Wacana Penonton

Sabtu, 23 Oktober 2021 07:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali (kiri) didampingi ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam jumpa pers di Stadion Manahan Solo, Minggu (26/09/21). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali (kiri) didampingi ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam jumpa pers di Stadion Manahan Solo, Minggu (26/09/21).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, senang penyelenggaraan Liga 1 2021-2022 dan Liga 2 yang sudah berjalan lancar dengan penerapan protokol kesehatan. Dia mengapresiasi komitmen semua pihak. 

"Kalau ditanya puasa dan tidak puas dalam penyelenggaraan Liga 1 maupun Liga 2, tentu pemerintah mempunyai ukuran melihat bahwa pelaksanaan di tengah pandemi. Jadi, tidak bisa dinilai dengan ukuran-ukuran di saat normal," kata Zainudin Amali, Jumat (22/10/21).

"Liga ini bisa jalan saja kami sudah bersyukur. PSSI dan PT LIB bisa menyelenggarakan, kami berterima kasih. Sehingga, ada aktivitas sepak bola, pemain kemudian pelatih bisa bekerja, panitia dan semuanya bisa terlibat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Menpora juga angkat bicara soal peluang adanya penonton di stadion. Dia menyatakan bahwa hal itu harus dikaji dan dipersiapkan secara detail karena pandemi masih berlangsung. 

"Evaluasi dan kemungkinan adanya penonton. Kemungkinan ya, bukan sudah pasti. Sebab setelah dipaparkan PSSI dan PT LIB, tidak mudah menerapkan berbeda dengan kegiatan yang hanya sekali saja, berbeda penanganannya," jelas Zainudin Amali

"Berbagai hal harus disiapkan. Selain itu, infrastruktur terutama stadion yang ada belum semuanya single seat. Tadi baru diskusi awal kami, belum memutuskan apa-apa," lanjutnya.