Bola Internasional

Catat! Final J.League YBC CUP 2021 Segera Berlangsung Akhir Pekan Ini

Rabu, 27 Oktober 2021 13:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© J.League
Logo J.League Copyright: © J.League
Logo J.League

INDOSPORT.COM - J.League YBC Levain Cup 2021 memasuki final yang akan berlangsung akhir pekan ini. Nagoya Grampus akan melawan Cerezo Osaka pada laga puncak di Saitama Stadium, Sabtu (30/10/21), pukul 11.05 WIB.

J.League YBC Levain Cup alias Piala Liga Jepang kali pertama digulirkan pada 1992 sebagai kompetisi pemanasan jelang musim pertama Liga Jepang era J.League.

Kini, kompetisi ini ditujukan untuk tim-tim J1 League dan beberapa tim J2, tergantung format kompetisi setiap musim. J.League YBC Levain Cup menjadi satu dari tiga kompetisi utama di Jepang, selain Liga Jepang (J.League) dan Piala Kaisar (Emperor's Cup).

Inilah kali pertama Nagoya Grampus lolos ke partai puncak. Sedangkan Cerezo Osaka pernah sekali lolos ke final saat jadi juara pada 2017. Laga ini akan mempertemukan dua tim yang berasal dari Jepang bagian tengah, artinya sama-sama bukan berasal dari ibu kota.

Duel dua tim dari Jepang bagian Tengah ini juga memastikan bahwa trofi J.League YBC Levain Cup akhirnya akan keluar dari ibu kota, Tokyo.

Memang, dalam tiga musim terakhir, tim dari Greater Tokyo Area selalu menjadi juara, dimulai dari Shonan Bellmare (2018), Kawasaki Frontale (2019), dan musim lalu FC Tokyo (2020).

Tim terakhir yang bukan dari ibu kota yang berhasil juara adalah Cerezo Osaka pada 2017 saat menang 2-0 atas Kawasaki Frontale di final. 

Musim ini merupakan gelaran ke-29 J.League YBC Levain Cup sepanjang sejarah dan diikuti oleh 20 tim Meiji Yasuda J1 League 2021.

Dalam perjalanan menuju ke partai final, di babak delapan besar Nagoya Grampus menang telak 4-0 secara agregat lawan Kashima Antlers, berhasil mengalahkan lawan 2-0 kandang dan tandang. 

Sedangkan Cerezo Osaka harus melawan rival sekota, Gamba Osaka. Cerezo sempat kalah 0-1 di kandang pada leg 1, sebelum kemudian menang besar 4-0 pada leg 2 di kandang Gamba dan lolos ke semifinal.