Bursa Transfer

Belajar dari Transfer Paulinho, Barcelona Sasar Liga China Demi Pengganti Aguero

Sabtu, 6 November 2021 22:39 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Demi meminimalisir pengeluaran di tengah krisis ekonomi mereka, Barcelona tampaknya akan menahan diri tidak belanja mahal di bursa transfer musim dingin nanti untuk mencari pengganti Sergio Aguero.

Opsi murah meriah dengan kualitas teruji praktis dicari dan Cedric Bakambu bisa jadi adalah jawabannya.

Bakambu saat ini berstatus sebagai penggawa Beijing Guoan yang berkompetisi di Liga Super Tiongkok. Pada Januari 2022 mendatang statusnya bakal menjadi pemain free agent setelah tiga tahun merumput di Beijing Fengtai Stadium.

Belum ada kabar apakah Guoan yang dilatih eks manajer West Ham United, Slaven Bilic, akan menambah masa baktinya.

Berhubung kesebelasan berjuluk The Imperial Guards itu lolos ke babak play-off juara liga maka tidak aneh bila mereka ingin tetap mempertahankan keutuhan skuat.

Walau sudah lama tidak beraksi di kompetisi top ropa namun ketajaman Bakambu setidaknya tlihat di Asia. Penyerang tim nasional Republik Demokratik Kongo kelahiran Prancis itu tercatat punya 58 gol plus 21 assist dari 87 penampilan saja untuk Guoan.

Ia semakin pantas dilirik sebagai pengganti Aguero yang harus menepi selama tiga bulan akibat gangguan jantung mengingat Bakambu pernah merasakan iklim LaLiga Spanyol bersama Villarreal. Di sana eks Bursaspor tersebut menorehkan 47 gol dan lima assist dari 105 kali main sepanjang 2015-2018.

Uniknya bukan kali ini saja pria 30 tahun itu dikaitkan dengan Barcelona. Pada 2019/2020 Bakambu pernah akan direkrut untuk mengisi pos lini depan Barcelona yang ompong akibat cedera Luis Suarez. Negosiasi putus di tengah jalan akibat alasan yang tidak diketahui.

Di jendela transfer musim panas lalu Bakambu juga nyaris mendarat di Camp Nou. Sayangnya Guoan meminta uang yang terlalu banyak di mata Barcelona sehingga La Blaugrana memilih untuk meminjam Luuk de Jong dari Sevilla.