Liga Inggris

Sudah Terisi, Rio Ferdinand Tetap Incar Posisi Direktur Olahraga Man United

Sabtu, 6 November 2021 20:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© getty images
Rio Ferdinand menunjukkan hasrat menjadi direktur olahraga Manchester United yang saat ini jadi tanggung jawab John Murtough. Copyright: © getty images
Rio Ferdinand menunjukkan hasrat menjadi direktur olahraga Manchester United yang saat ini jadi tanggung jawab John Murtough.

INDOSPORT.COM - Setelah berpisah selama kurang lebih enam tahun dengan Manchester United rupanya Rio Ferdinand masih ingin berbakti untuk mantan klubnya. Peran direktur olahraga adalah jabatan yang diidamkan eks bek tim nasional Inggris tersebut.

Dewasa ini peran seorang direktur olahraga memang semakin dibutuhkan. Ia adalah perpanjangan tangan manajer dan pelatih terutama untuk masalah transfer pemain. Menyeleksi dan menentukan siapa yang pantas direkrut adalah bagian dari tanggung jawab mereka.

Usai pensiun dari lapangan hijau pada 2015 lalu bersama Queens Park Rangers, Ferdinand sendiri lebih banyak berkecimpung di dunia analis. Sejak gantung sepatu ia acap kali muncul di layar kaca untuk mengomentari pertandingan sepak bola.

Tidak diketahui apakah ia punya pengalaman belajar di sekolah kepelatihan seperti yang jamak dimiliki eks atlet sepak bola lainnya. Meski demikian Ferdinand yang kini berusia 42 tahun itu yakin bisa menjadi seorang direktur olahraga andal.

"Pada suatu hari nanti aku ingin menjadi seorang direktur olahraga. Jika ada tawaran yang cocok maka aku akan menyetujuinya," ungkap Ferdinand lewat The Athletic.

"Aku yakin aku bisa bekerja dengan baik. Itu bukan perkara gampang. Pemain hebat tidak menjamin akan menjadi manajer hebat dan sama halnya untuk posisi direktur olahraga,"

"Ada sejumlah keahlian khusus untuk bisa melakukannya. Anda harus dikelilingi orang-orang hebat yang pastinya bisa anda pimpin. Kemampuan analisis data juga sangat berperan untuk memilih pemain dengan potensi terbaik," tambahnya lagi.