Liga Indonesia

Selain Rahmad Darmawan, 3 Pelatih Ini juga Jadi Korban Ketatnya Liga 1 2021

Selasa, 9 November 2021 11:54 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
4 pelatih korban kekejaman Liga 1, salah satunya Rahmad Darmawan Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
4 pelatih korban kekejaman Liga 1, salah satunya Rahmad Darmawan

INDOSPORT.COM - Termasuk Rahmad Darmawan, tiga pelatih berikut ini juga menjadi korban dari ketatnya persaingan di Liga 1 2021. Siapa sajakah mereka?

Jelang bergulirnya Liga 1 seri ketiga, kejutan terjadi saat Rahmad Darmawan mengkonfirmasi bahwa dirinya telah sepakat berpisah dengan Madura United, menyusul prestasi jeblok tim pada kompetisi Liga 1 2021-2022.

RD, sapaan karibnya, mengumumkan hal itu melalui rilis kepada awak media. Dia mengaku sudah menemui Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

"Saya menginformasikan, terhitung tanggal 8 November 2021, saya bertemu Pak Achsanul Qosasi dalam suasana baik dan bersepakat mengakhiri relasi kerja," tulis Rahmad Darmawan, Selasa (9/11/21).

Sebelumnya, penentuan nasib RD segera memasuki pembahasan manajemen menyusul hasil buruk tim di Liga 1. Situasi itu pula yang memicu aksi demonstrasi oleh Suporter Madura Bersatu.

Ada empat tuntutan yang disampaikan para suporter dalam aksi demo di Pamekasan, Minggu (7/11/21).

Yang pertama, menuntut mundurnya Rahmad Darmawan (pelatih) dan Rasiman (asisten) dari jajaran kepelatihan.

"Semoga semakin sukses buat Madura United, serta semoga kita semua selalu diberi kesehatan," sambung eks pelatih Pelita Jaya dan Arema Indonesia itu.

Dengan mundurnya Rahmad Darmawan dari jabatan pelatih kepala Madura United jelang kompetisi berakhir, maka kian panjang pula daftar korban pelatih di Liga 1 musim 2021 ini.

Sebelum Rahmad Darmawan, sebelumnya sudah ada tiga pelatih lain yang juga alami nasib serupa yakni diberhentikan atau mundur dari klubnya imbas dari penampilan buruk.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Hendri Susilo

© Media Officer Persiraja
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo. Copyright: Media Officer PersirajaPelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo.

Nama pertama adalah Hendri Susilo, pelatih asal Bukittinggi, Sumatera Barat, tersebut harus mendapat pil pahit usai didepak dari Persiraja Banda Aceh pada pekan ke-9.

Pendepakan itu tak lama setelah Persiraja menelan kekalahan 1-2 atas Madura United di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (27/10/21) sore.

Pengumuman dipecatnya Hendri Susilo dari Persiraja disampaikan langsung Presiden klub, Nazaruddin Dek Gam.

"Kita sudah mempertimbangkan dan memutuskan secara baik-baik, bahwa kerja sama Persiraja dengan Hendri Susilo sudah berakhir," ucap Dek Gam, Rabu (27/10/21) malam.

Bersama Hendri Susilo, Persiraja yang telah menjalani 9 laga hanya bisa meraih satu kemenangan, sekali imbang dan sisanya kalah (7 laga), sehingga harus puas mendekam di dasar klasemen sementara (zona degradasi).