Liga Spanyol

Liga Spanyol: Disiplinkan Pemain Barcelona, Xavi Terapkan 10 Aturan Ketat

Rabu, 10 November 2021 14:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Menjanjikan fans Barcelona untuk membuat klub kesayangan mereka kembali jadi raksasa yang disegani tentulah bukan tugas yang mudah bagi Xavi Hernandez untuk mewujudkannya. Dengan kondisi Los Cules saat ini, butuh lebih dari sekedar usaha karena masalah keuangan sedang merundung mereka di Liga Spanyol.

Akan tetapi setidaknya Xavi bisa menanamkan pondasi yang kuat sebelum keadaan kembali normal. Menegakkan lagi nilai-nilai kedisiplinan yang dirumorkan mulai luntur di Camp Nou adalah salah satu langkah awal yang bisa diambil.

Maka dari itu usai upacara penyambutannya sebagai entrenador anyar pada Senin (08/11/221) lalu, Xavi langsung menetapkan aturan baru. Setidaknya ada sepuluh pasal yang diyakininya bisa kembali membentuk Barcelona menjadi tim juara.

Apa saja peraturan tersebut? Berikut daftarnya:

1. Pemain datang lebih awal untuk latihan

Dalam beberapa tahun terakhir atmosfer latihan Barcelona di Ciutat Esportiva Joan Gamper dilaporkan sangat santai. Para pemain bahkan bisa baru memulai latihan pukul 11.00 waktu setempat dan hal tersebut tidak akan terulang di era Xavi.

Sekarang diharapkan para pemain sudah sampai di pusat pelatihan satu setengah jam sebelum jadwal yang ditetapkan. Tujuannya agar persiapan bisa lebih matang dan pemain pun bisa sarapan bersama di kantin.

2. Staf dituntut lebih disiplin

Bermaksud mencontohkan hal baik, Xavi ingin agar ia beserta seluruh staf Barcelona untuk datang 30 menit sebelum para pemain. Tentunya tidak lucu apabila pemain diwajibkan taat pada waktu namun yang seharusnya membimbing mereka justru masih berbudaya jam karet.

3. Makan siang bersama

Sebelumnya pemain Barcelona dibebaskan untuk menentukan tempat dan menu makan siang pascalatihan mereka sendiri. Kini mereka hanya boleh makan di kantin dalam pengawasan ahli nutrisi guna memastikan asupan yang diperoleh sudah pas dengan ketentuan.