Liga Champions

Cara 'Licik' Juventus yang Tidak Mau Capek Demi Juara Liga Champions

Sabtu, 13 November 2021 07:45 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Massimo Pinca
Selebrasi gol Paulo Dybala pasca menjebol gawang Zenit St Petersburg, Rabu (03/11/21). Copyright: © REUTERS/Massimo Pinca
Selebrasi gol Paulo Dybala pasca menjebol gawang Zenit St Petersburg, Rabu (03/11/21).

INDOSPORT.COM - Juventus meminta otoritas Liga Italia untuk mengurangi jumlah pesertanya menjadi 16 klub saja, demi maksimalnya wakil Italia di Liga Champions.

 Bek sekaligus kapten Juventus, Giorgio Chiellini baru-baru melontarkan sebuah usulan kepada otoritas Liga Italia yang meminta jumlah peserta liga dikurangi menjadi 16 klub saja.

Harapannya agar wakil Negeri Pizza bisa tampil maksimal dan meraih prestasi di pentas Eropa khususnya Liga Champions. Terakhir kali klub Liga Italia memenangkan trofi Si Kuping Besar pada tahun 2010, saat Inter Milan menjuarainya.

Usulan tersebut sejatinya tidak ada salahnya, karena berdasarkan fakta memang banyak pemain yang kelelahan dan tidak perform ketika bermain di Liga Champions, akibat jadwal padat di kompetisi domestik.

Karena itu, Giorgio Chiellini berharap Federasi Sepak Bola Italia, FIGC, bisa mereformasi liga menjadi 16 atau 18 tim saja, dari yang awalnya 20.

"Ada beberapa tim Serei A yang menghalangi (wacana pengurangan). Kami sungguh harus kembali dengan format 16 klub, demi memberikan ruang istirahat kepada para pemain untuk kompetisi Eropa," ujar Chiellini mengutip Football Italia.

"Tapi jika hanya dikurangi menjadi 18 klub juga tidak apa-apa, kompetisi tetap akan berjalan kompetitif. Saya pikir penting bagi kami semua duduk bersama dan berdiskusi bagaimana memecahkan masalah prestasi ini," tukasnya.