Bola Internasional

Deretan Fakta Menarik Jelang Laga Timnas Indonesia vs Afghanistan

Selasa, 16 November 2021 14:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© pssi
Timnas Indonesia akan bersua Afghanistan di laga uji coba jelang Piala AFF, Selasa (16/11/21) malam WIB. Copyright: © pssi
Timnas Indonesia akan bersua Afghanistan di laga uji coba jelang Piala AFF, Selasa (16/11/21) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan bersua Afghanistan di laga uji coba jelang Piala AFF, Selasa (16/11/21) malam WIB.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong memboyong skuat asuhannya untuk melakukan persiapan di Turki, termasuk melakoni laga tanding kontra Afganistan yang bakal dihelat di Gloria Sport Arena.

Pertandingan sengit antara dua tim ini juga akan disiarkan langsung di Indonesia melalui stasiun televisi Indosiar.

Nah, sebagai ‘pemanasan’ laga nanti malam, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com telah merangkum beberapa hal menarik seputar Timnas Indoonesia dan sang calon lawan, Afghanistan. Apa saja?

Catatan Pertemuan

Berbicara soal rekor pertemuan, Afghanistan bukan lawan asing bagi Timnas Indonesia. Perjumpaan terakhir kedua tim sebelum laga nanti malam pun baru saja terjadi beberpa bulan lalu.

Tepatnya pada 25 Mei 2021, skuat Garuda menelan kekalahan tipis dari Afghanistan dengan skor 2-3, juga dalam sebuah laga uji coba. Dua gol Timnas Indonesia dibukukan oleh Egy Maulana Vikri dan Adam Alis.

Setelah laga tersebut, Shin Tae-yong segera gerak cepat untuk melakukan evaluasi. Ia pun sempat melihat ada kekurangan di sektor belakang.

“Bicara mengenai itu, pertama untuk stopper, banyak kekurangan di sana, tetapi dengan adanya pemain seperti sekarang, kita harus perbaiki satu demi satu. Kemudian passing dalam pertandingan," ujarnya saat itu.

Ranking FIFA

Selain belajar dari hasil pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia tentu tidak lupa menimbang seperti apa kekuatan calon lawan mereka jelang bentrokan nanti malam. Salah satunya melalui perolehan ranking FIFA.

Per 21 Oktober 2021, Timnas Indonesia bertegger di urutan 165, sementara Afghanistan sedikit lebih unggul di atasnya yakni 152.

Meski demikian, bukan mustahil bagi skuat asuhan Shin Tae-yong untuk tampil lebih unggul meski sedang kalah untuk urusan ranking. Kedisiplinan saat bermain akan sangat membantu dalam meraih kemenangan kali ini.