Bola Internasional

Ini Alasan Mengapa Piala AFF Tidak Akan Menggunakan Teknologi VAR

Selasa, 16 November 2021 03:20 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong dipastikan tidak akan mendapatkan bantuan teknologi Video Assistant Referees (VAR) di ajang Piala AFF 2021.

Dilansir dari thethao247, Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Thailand bernama Patit Supaphong menegaskan kalau Piala AFF masih belum layak menggunakan VAR.

Bukan tanpa alasan, di Asia Tenggara, banyak wasit yang belum mendapatkan pelatihan terkait penggunaan VAR. Tidak hanya itu, teknologi tersebut juga tidak bisa dipasang secara singkat.

Apalagi ajang Piala AFF yang berlangsung di Singapura tinggal menghitung hari. Ajang tersebut akan dibuka pada 5 Desember dan berakhir pada 1 Januari 2022 mendatang.

"Saya harus memastikan bahwa VAR tidak akan digunakan di Piala AFF 2021," ujar Patit Supaphong.

"VAR juga bukanlah perangkat yang ddpat dipasang dan digunakan segera."

"Di Asia Tenggara tidak banyak wasit yang dilatih menggunakan teknologi ini, oleh karena itu tuan rumah Singapura, memutuskan untuk tidak menggunakan VAR," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, timnas Indonesia akan menjalani sejumlah laga berat bila ingin lolos ke perempat final. Evan Dimas dkk tergabung di Grup B bersama Malaysia, Laos, Kamboja dan juara bertahan Vietnam.

Saat ini Shin Tae-yong sedang mempersiapkan tim dengan melakukan pemusatan latihan (TC) di Turki. Tidak hanya TC, mereka juga memiliki agenda uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Afghanistan dan Myanmar.