Liga Inggris

Ketimbang Main Bertahan, Pep Guardiola Lebih Suka Kalah Sekalian

Selasa, 16 November 2021 16:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Ketimbang Main Bertahan, Pep Guardiola Lebih Suka Kalah Sekalian Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Ketimbang Main Bertahan, Pep Guardiola Lebih Suka Kalah Sekalian

INDOSPORT.COM - Sebagai pelatih, sosok Pep Guardiola memang dikenal akrab dengan sepak bola menyerang. Saking cintanya dengan filosofi tersebut, dia lebih memilih kalah ketimbang menang namun timnya bermain bertahan.

Taktik ofensif yang dipadukan dengan penguasaan bola memang sudah jadi senjata Guardiola di klub manapun yang ia tangani. Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City diberikannya sukses berkat permainan menyerang.

Tidak heran jika Guardiola begitu teguh memegang prinsip itu. Padahal, sebagai juru taktik ia juga sudah sangat mendetail terutama dalam persiapan pra laga.

"Mungkin banyak orang yang tidak tahu namun Pep Guardiola tidak akan mau menang jika harus bertahan. Ia tidak keberatan kalah andai filosofinya tetap dipakai," papar gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, pada MIDMID Podcast.

"Ia sangat mencintai sepak bola menyerang. Tidak akan pernah sudi ia mengandalkan serangan balik dan bertahan dalam sebuah pertandingan," tambahnya.

"Sebelum bermain Pep selalu menjelaskan setiap detil kecil pada kami. Sampai-sampai kadang ia lupa memberi tahu siapa saja yang harus masuk starting XI," pungkas playmaker timnas Belgia tersebut.