Bola Internasional

Inilah 11 Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah Piala AFF, Ada dari Timnas Indonesia

Rabu, 17 November 2021 18:25 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Bradley Kanaris/Getty Images
Inilah 11 Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah Piala AFF, Ada dari Timnas Indonesia. Copyright: © Bradley Kanaris/Getty Images
Inilah 11 Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah Piala AFF, Ada dari Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut 11 pemain terbaik sepanjang sejarah turnamen Piala AFF, di mana ada satu nama dari timnas Indonesia yang masuk di dalamnya.

Seperti diketahui, akun Twitter Asean Football baru saja mengadakan voting kepada para pecinta sepak bola di wilayah Asia Tenggara untuk memilih pemain favorit dalam sejarah Piala AFF.

Di posisi penjaga gawang, ada kiper Thailand bernama Kawin Thamsatchanan. Ia terpilih berkat keberhasilannya membawa Thailand menjuarai Piala AFF sebanyak dua kali pada 2014 dan 2016 lalu.

Di sisi pertahanan, ada dua pemain Singapura bernama Daniel Bennet dan Baihakki Khaizan yang pernah membawa timnya mengangkat trofi pada 2012 silam.

Selain itu ada nama bek kiri Thailand (2016), Theerathon Bunmathan dan kapten Vietnam Que Ngoc Hai. Bek tengah andalan Park Hang-seo itu jadi pilihan penggemar berkat keberhasilannya membawa Vietnam meraih juara pada 2018 lalu.

Di posisi lini tengah, dipilih ada tiga pemain dari tiga negara berbeda yakni Chanathip Songkrasin (Thailand 2014,2016), Hariss Harun (Singapura 2012) dan Safiq Rahim (Malaysia 2010).

Sementara itu di lini serang ada tiga pemain yang dianggap sebagai striker terbaik di dalam sejarah Piala AFF. Mereka yakni Safee Sali (Malaysia 2010), Teerasil Dangda (Thailand 2016) dan legenda timnas Indonesia, Bambang Pamungkas (runner-up edisi 2000, 2002 dan 2010).

Dalam 11 pemain terbaik sepanjang sejarah Piala AFF, Thailand menyumbang nama terbanyak. Kemudian Bambang Pamungkas menjadi satu-satunya pemain yang gagal membawa timnya meraih gelar juara.