Bola Internasional

Piala AFF: Asisten Shin Tae-yong Sebut Timnas Bisa ke Level Asia, jika...

Selasa, 23 November 2021 22:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© pssi
Latihan Timnas Indonesia di Turki Copyright: © pssi
Latihan Timnas Indonesia di Turki

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih timnas Indonesia, Shin Sang-gyu, punya pandangan tersendiri mengenai peluang dan kekuatan skuat Garuda. Dia menilai Egy Maulana Vikri dkk. bisa bersaing di level Asia jika punya kekuatan fisik mumpuni. 

Ketika berbincang dengan INDOSPORT.COM, Shin Sang Gyu mengatakan fisik pemain Indonesia masih lemah. Butuh kerja keras dan konsisten, baik di Timnas dan klub agar pemain bisa bersaing. 

Jika punya waktu persiapan lebih banyak, eks pelatih Korea Selatan U-23 itu optimistis bisa memoles timnas Indonesia lebih baik sebelum tampil di Piala AFF 2020 yang dimulai awal Desember nanti. 

"Saya yakin Indonesia akan menjadi salah satu tim kuat Asia. Latihan kekuatan itu sangat penting. Sedikit sulit buat saya karena kami tak punya banyak waktu persiapan. Andaikan punya 7-8 minggu saya percaya mereka akan lebih baik lagi," tutur pelatih berusia 35 tahun itu. 

Saat ini, Shin Sang-gyu terus mempersiapkan pemain timnas Indonesia yang menjalani pemusatan latihan di Turki. Terdapat 25 pemain yang terlibat dan terus digembleng dengan latihan keras.

Menu latihan pada pekan kedua fokus ke kekuatan karena dirasa kurang. Pelatih Shin Tae-yong memberikan program yang bisa dilakukan secara mandiri oleh para pemain.

"Jujur, kekuatan para pemain timnas Indonesia sangat kurang karena sebelumnya tak pernah dilakukan atau jarang," jelas Shin Tae-yong

"Jadi sekarang memberikan program latihan untuk pemain bisa melakukan sendiri walaupun tidak di timnas Indonesia. Jadi untuk pagi hari fokus ke penguatan, sore hari fokus ke taktik," pungkasnya.