Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2020: Filipina, Ancaman Serius

Minggu, 28 November 2021 21:16 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Piala AFF 2020 Copyright: © INDOSPORT
Logo Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM Timnas Filipina merupakan salah satu tim yang dalam beberapa edisi Piala AFF selalu diperhitungkan kiprahnya, mengingat mereka selalu menjadi tim yang menyulitkan.

Begitu juga untuk edisi kali ini. The Azklas -julukannya- sangat siap untuk bersaing meraih gelar juara Piala AFF 2020, yang akan digelar di Singapura mulai 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022.

Filipina sendiri tergabung di Grup A bersama tuan rumah Singapura, Myanmar, Thailand dan Timor Leste. Sebuah grup yang bisa dibilang sangat ketat.

Pasalnya Filipina harus berhadapan dengan dua tim kuat Singapura dan Thailand, serta tim kejutan seperti Timor Leste. Bahkan di laga uji coba terakhirnya melawan Timor Leste, Filipina secara mengejutkan harus kalah dengan skor 1-0.

Kendati demikian, bukan berarti Filipina bisa dipandang sebelah mata kekuatannya. Apalagi sepak bola mereka juga sudah berkembang pesat kemajuannya.

Dibuktikan lewat penampilan Ceres Negros di kompetisi Asia, dan beberapa pemain dari Ceres menjadi bagian skuat Filipina di AFF nanti. 

Materi pemain yang cukup memadai yang dimiliki mereka, bakal disempurnakan dengan kehadiran mantan pelatih Leicester City muda, Scott Cooper.

Total Filipina membawa 27 pemain untuk Piala AFF 2020, dimana terdapat empat pemain naturalisasi yang masih menjadi andalan mereka.

Dilansir dari Siam Sport pada Sabtu (27/11/21), keempat nama tersebut adalah Stefan Schrok, Bienvenido Maranon, Jefferson Tabinas, dan Jasper Noholm.

Scott Cooper menganggap hasil undian grup Piala AFF 2020 seperti ulangan edisi 2018. Cooper beranggapan, bahwa ketidakhadiran Tim Nasional (Timnas) Indonesia di grupnya merupakan satu-satunya pembeda. 

Pada edisi 2018, Indonesia dan Filipina sama-sama tergabung di Grup B bersama Thailand, Singapura, dan Timor Leste. 

“Saya pikir sejauh ini undian itu menarik, saya tidak pernah ingin mengatakan bahwa saya senang dengan undian itu, tetapi saya tidak kecewa dengan undian itu,” ujar Cooper, dikutip dari Manila Bulletin.
 
“Saya kira kita ambil bagaimana dan ironisnya terakhir kali kami bermain di Piala AFF 2020," sambungnya.

"Kami memiliki Singapura, Timor Leste yang bisa berada di sana, dan Thailand, dengan satu-satunya perbedaan adalah Indonesia yang ada di grup lain. Ini hampir seperti ulangan 2018. Ini menarik,” tukasnya.

Berikut daftar pemain Timnas Filipina untuk mengikuti ajang Piala AFF 2020 di Singapura.