Liga Indonesia

Liga 1: Banyak Pemain Pilar Absen Jadi Biang Kekalahan Persib atas Arema FC

Selasa, 30 November 2021 00:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengakui absennya empat pemain andalan mempengaruhi performa timnya, saat menghadapi Arema FC pada pekan ke-14 Liga 1 2021, Minggu (28/11/21) lalu.

Keempat pemain Persib yang absen pada pertandingan tersebut yakni Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ezra Walian dan Mohammed Rashid. Mereka tidak bisa tampil, dengan alasan yang berbeda.

Victor Igbonefo dan Ezra Walian, tidak bisa memperkuat Persib pada pertandingan tersebut lantaran sedang bergabung dengan Timnas Indonesia. Sehingga, keduanya sudah absen sejak laga awal seri ketiga kompetisi Liga 1 2021-2022.

Sedangkan Nick Kuipers dan Mohammed Rashid, mendapatkan akumulasi kartu kuning. Ditambah lagi, Rashid harus bergabung dengan Timnas Palestina untuk persiapan menghadapi Piala Arab 2021 di Qatar.

Sehingga, pada pertandingan menghadapi Arema FC, Robert Alberts memasang Achmad Jufriyanto dan menggeser posisi Supardi Nasir ke posisi bek tengah, untuk menggantikan peran Nick Kuipers dan Victor Igbonefo.

Sedangkan di lini tengah, Dedi Kusnandar dipasang sebagai pengganti Mohammed Rashid.

"Tentunya ini memberi dampak bagi tim, karena kehilangan empat pemain inti terutama dua bek tengah dan juga satu gelandang tengah. Tapi kami terpaksa melakukan perubahan karena mereka tidak bisa tampil," kata Robert Alberts saat konferensi pers secara virtual setelah pertandingan.

Meski begitu, Robert Alberts tak ingin menjadikan absennya keempat pemain itu sebagai alasan, karena setiap pemain yang mendapat kesempatan bermain harus bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

"Tapi saya tidak ingin menyatakan itu sebagai alasan karena semua pemain Persib harus bisa mengisi tempat itu.