Liga Indonesia

Beda Sanksi Wasit dan Pemain di Liga 1, Akmal Marhali: PSSI Pilih Kasih!

Kamis, 2 Desember 2021 16:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Bali United
Pemain Liga 1, Ilija Spasojevic meminta keadilan kepada wasit. Copyright: © Bali United
Pemain Liga 1, Ilija Spasojevic meminta keadilan kepada wasit.

INDOSPORT.COM - Ada perbedaan sanksi yang diterima oleh wasit dan pemain yang berkompetisi di Liga 1. Menurut pengamat sepak bola, Akmal Marhali, PSSI pilih kasih.

Sebut saja wasit Mustafa Umarella, salah satu wasit yang bermasalah karena kurang jeli saat memimpin jalannya Liga 1, antara Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan.

Pada menit ke-34, striker asing Persebaya, Wilkson mendapatkan tendangan bebas dan mencetak gol ke gawang Persela, lalu bola kembali ditangkap oleh sang kiper.

Wasit tak mengesahkan hal itu sebagai gol. Justru satu menit berselang, ketika striker Persela, Ivan Carlos terjebak offside, wasit Mustafa Umarella malah membiarkannya.

Komite Wasit PSSI yang dipimpin oleh Ahmad Riyadh pun mengistirahatkan Mustafa Umarella. Entah mengapa, wajah sang wasit lagi-lagi muncul di ajang Liga 1.

Hal ini membuat koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali angkat suara. Menurutnya, PSSI pilih kasih saat memberi sanksi wasit dan sanksi untuk para pemain.

"Sampai sejauh ini, tak jelas sanksi wasit yanh bermasalah. PSSI menutupinya. Hanya sanksi Mustafa Umarella yang diumumkan," ungkap Akmal Marhali melalui media sosial.

"Tapi tidak jelas berapa lama sanksinya, tiba-tiba Mustafa sudah kembali bertugas sebagai wasit cadangan, begitu juga Iwan Sukoco dan lainnya," lanjut Akmal Marhali.