Liga Indonesia

Liga 1 2021 Segera Pecahkan Rekor Pemecatan Pelatih Terbanyak Sebelum Paruh Musim

Kamis, 2 Desember 2021 14:51 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Liga 1 2021 diambang pemecahan rekor pelatih terbanyak sebelum paruh musim. Saat ini saja, sudah ada delapan pelatih yang menjadi korban.

Klub-klub elite Indonesia dikenal kejam terhadap pelatih, karena selalu ada cerita sedih soal pemecatan pelatih di tengah kompetisi di setiap musimnya. Tak terkecuali di pentas Liga 1 2021 ini.

Total sudah delapan pelatih yang dipaksa lengser karena grafik performa tim jeblok. Mereka adalah Joko Susilo, Hendri Susilo, Rahmad Darmawan, Jacksen F. Tiago, Igor Kriushenko, dan Milomir Seslija.

Adapun Mario Gomez menjadi satu-satunya pelatih yang mengundurkan diri dari Liga 1 2021 ketimbang harus dipecat. Terbaru ada Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan harus kehilangan pekerjaannya usai didepak oleh manajemen Persela Lamongan. Rentetan hasil buruk menjadi penyebabnya.

Puncaknya ketika Laskar Joko Tingkir harus terbantai oleh Tira Persikabo 2-4 di pekan ke-14 Liga 1 2021 kemarin. Hasil ini membuat Persela tak bisa menjauhi zona degradasi.

Persela berada di urutan ke-15 dengan 12 poin atau satu strip di atas zona degradasi.

Perjalanan musim ini masih panjang, besar kemungkinan gelombang pemecatan pelatih di tengah musim Liga 1 2021 diyakini belum akan berakhir.

Setidaknya ada tiga pelatih saat ini dalam kondisi rawan dipecat seiring hasil-hasil negatif tim yang diasuhnya. mereka adalah Djajang Nurdjaman, Dejan Antonic dan Angelo Alessio.

Djanur tak mampu membawa Barito Putera tampil bagus di Liga 1 musim ini. Saat ini Laskar Antasari berada di urutan ke-14 dengan 12 poin.

Laga-laga selanjutnya bisa jadi penghakiman nasib Djanur di kursi kepelatihan Barito Putera.

Desakan pemecatan juga dialami oleh Dejan Antonic di PSS Sleman. Mantan pelatih Pelita Bandung Raya itu dianggap tak mampu membawa PSS tampil bagus.

Rentetan kekalahan menjadi dalih suporter untuk meminta manajemen mengevaluasi kinerja Dejan. Saat ini, PSS berada di urutan ke-12 dengan 16 poin.

Sementara itu nama ketiga Angelo Alessio, juga bisa saja bernasib sama di Persija Jakarta. Sejak mengalahkan Persib Bandung 1-0, laju Macan Kemayoran harus terhenti oleh Bali United dan Borneo FC.

Bali United mampu mengalajkan Persija dengan skor 1-0, dan juga Borneo FC dengan skor 2-1.

Angelo Alessio diminta untuk segera memperbaiki performa timnya, jika tidak ingin kehilangan pekerjaan andai Persija kembali kalah untuk ketiga kalinya secara beruntun di Liga 1 2021.