In-depth

Menerka Line Up Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Muda Berbahaya!

Kamis, 2 Desember 2021 17:24 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Myanmar. Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Myanmar.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia baru saja mengumumkan daftar pemain yang akan berlaga di Piala AFF 2020. Seperti apa 11 pemain inti yang menjadi andalan?

Turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2020 tinggal menghitung hari akan segera berlangsung di Singapura tepatnya mulai 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022 mendatang.

Sejatinya ajang dua tahunan ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang masih belum mereda membuat AFF selaku otoritas sepak bola tertinggi di ASEAN harus menundanya.

Kini meski masih terjadi pandemi Covid-19, namun untuk kasusnya sudah mulai melandai sehingga AFF memutuskan untuk menggelar Piala AFF 2020 tahun ini.

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal yang akan memainkan semua pertandingan babak penyisihan grup hingga final. Di edis-edisi sebelumnya, Piala AFF selalu dilaksanakan di dua negara tuan rumah.

Untuk formatnya masih sama, yaitu ase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali.

Adapun semifinal dan final juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020, yang terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara.

Di Grup A terdapat Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. Sedangkan di Grup B dihuni oleh Kamboja, Timnas Indonesia, Laos, Malaysia dan Vietnam.

Seluruh tim juga telah mendaftarkan skuad terbaik mereka untuk mengikuti ajang ini. Terbaru adalah Timnas Indonesia yang sudah menyetor 30 pemain untuk membela Merah Putih merebut Piala AFF 2020.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, meyakini 30 pemain Timnas Indonesia yang dipilih Shin Tae-yong adalah pemain terbaik. Mereka adalah kombinasi pemain muda dan senior yang bermain Liga 1 2021/2022 dan pemain yang merumput di luar negeri.

Total ada enam pemain dari kompetisi luar negeri adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town/Inggris).

Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korsel), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta’zim/Malaysia), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia).

"Ini kombinasi pemain yang bagus. Rata-rata usia skuad ini masih muda. Masa depan tim ini saya yakin akan cerah," buka Iriawan.

"Saya sebagai Ketua Umum PSSI pasti akan mendukung mereka habis-habisan. Saya dan beberapa Exco PSSI juga akan berangkat ke Singapura untuk mendukung mereka. Insya Allah mereka bisa menjadi juara,’’ imbuhnya.

Timnas Indonesia datang ke Singapura dengan kepercayaan diri tinggi mengingat selama persiapan, mereka tampil bagus. Dari lima pertandingan terakhir, Egy Maulana Vikri dan kolega hanya satu kali menelan kekalahan. 

Menang melawan China Taipei (2-1 dan 3-0), kalah dari Afghanistan (0-1), menang atas Myanmar (4-1) dan atas klub Turki, Antalyaspor (4-0).

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Piala AFF 2020 melawan Kamboja di laga perdana Grup B, di Stadion Bishan, Singapura, pada Kamis (09/11/21) mendatang. Lantas seperti apa prediksi starting line-upnya?