In-depth

Profil Tim Piala AFF 2020: Timnas Indonesia, Waktunya Juara

Kamis, 2 Desember 2021 20:18 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia diharapkan mampu mengakhiri puasa gelar di level internasional dengan merebut gelar juara Piala AFF 2020.

Turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2020 tinggal menghitung hari akan segera berlangsung di Singapura tepatnya mulai 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022 mendatang.

Sejatinya ajang dua tahunan ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang masih belum mereda membuat AFF selaku otoritas sepak bola tertinggi di ASEAN harus menundanya.

Kini meski masih terjadi pandemi Covid-19, namun untuk kasusnya sudah mulai melandai sehingga AFF memutuskan untuk menggelar Piala AFF 2020 tahun ini.

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal yang akan memainkan semua pertandingan babak penyisihan grup hingga final. Di edis-edisi sebelumnya, Piala AFF selalu dilaksanakan di dua negara tuan rumah.

Untuk formatnya masih sama, yaitu fase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali.

Adapun semifinal dan final juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020, yang terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara.

Timnas Indonesia menjadi salah satu negara yang selalu difavoritkan menjadi juara gelaran Piala AFF setiap edisinya. 

Namun nasib baik belum menghampiri Skuad Garuda lantaran belum pernah mengecap manisnya gelar juara ajang sepakbola dua tahunan itu. 

Tercatat, prestasi terbaik Indonesia hanya menjadi runner-up sebanyak lima kali pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Pada tahun ini, dengan persiapan yang bisa dibilang cukup singkat tapi matang, Timnas Indonesia kembali melambungkan optimisme tinggi untuk meraih juara.

Jelang turnamen, tim besutan pelatih Shin Tae-yong telah menggelar serangkaian laga uji coba internasional dengan hasil memuaskan. 

Bermukim di Turki sebagai negara yang ditunjuk menjadi tempat pemusatan latihan, Timnas Indonesia melangsungkan sejumlah agenda latihan termasuk menggelar tiga laga uji coba melawan Afghanistan, Myanmar dan klub lokal, Antalyaspor.

Hasilnya Timnas Indonesia mampu meraih dua kemenagan melawan Myanmar (4-1) dan Antalyaspor (4-0). Pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan dari Afghanistan (0-1).

Selain laga uji coba, Timnas Indonesia juga mempunyai modal lain yaitu mampu memenangkan dua laga babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan (2-1 dan 3-0).