Bola Internasional

Curhat Beto Goncalves: Betapa Sulitnya Jadi Pemain Sepak bola di Brasil

Jumat, 3 Desember 2021 14:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi penyerang Persis Solo, Beto Goncalves Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi penyerang Persis Solo, Beto Goncalves

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi eks timnas Indonesia, Alberto 'Beto' Goncalves, mengungkap betapa sulitnya menjadi pemain sepak bola profesional di negara Brasil.

Sebagaimana diketahui, Brasil memang menjadi salah satu kiblat sepak bola dunia. Dari masa ke masa, banyak pemain bintang yang lahir dan membela skuat kelas dunia.

Namun di level grass root, Beto Goncalves mengakui jika banyak yang tersisih dalam upaya mencapai cita-cita jadi pemain bola.

Saat menjadi bintang tamu di Youtube Tiento Indonesia, Beto menjelaskan bahwa pemain yang tidak terpilih untuk lanjut ke tim senior, mungkin mimpinya akan pupus.

"Mungkin dari kita (Brasil), tanya Fabiano (Beltrame), tanya siapa saja orang Brasil, yang di grup (akademi) kita itu, cuma dua atau tiga yang lanjut (jadi pesepak bola)," ucap Beto Goncalves.

"Karena apa, itu kan U-18, kamu sudah harus siap main di level senior, profesional. Kalau memang kamu nggak dipanggil, ya umur sudah nggak bisa lagi (di akademi)," cetusnya.

Bahkan, menurut Beto Goncalves, banyak rekan seperjuangannya di akademi, yang akhirnya bekerja di luar jalur sepak bola.

"Yang tidak dapat (panggilan) ini mereka biasanya kerja, di toko, di mall, nggak jadi pemain bola, banyak sekali," ucap Beto.