Liga Indonesia

Liga 1 Kemungkinan Pakai VAR Musim Depan, Bos Persib: Bagus Bisa Dobel Cek

Jumat, 3 Desember 2021 18:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (17/03/21). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (17/03/21).

INDOSPORT.COM - Bos Persib Bandung menyambut baik rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) yang akan digunakan di kompetisi Liga 1 musim depan.

Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggunakan teknologi VAR untuk Liga 1 musim depan. Bahkan, mereka kabarnya sudah siap memesan satu set perlengkapan dari luar negeri.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, penerapan VAR di kompetisi sepak bola Indonesia sangat bagus lantaran bisa meminimalkan keputusan wasit yang kontroversial.

Pasalnya, ada keputusan kontroversial wasit dalam beberapa pertandingan Liga 1 2021-2022, sehingga membuat klub-klub merasa dirugikan, akhirnya melayangkan surat protes ke PT LIB.

Salah satunya protes yang dilakukan oleh Persib Bandung terkait kinerja wasit pertandingan pekan ke-12 Liga 1 2021-2022 kontra Persija Jakarta, Sabtu (20/11/21). 

Surat tersebut dikirim oleh manajemen lantaran tim kebanggaan Bobotoh merasa dirugikan oleh keputusan wasit, terutama tidak disahkannya bola tendangan bebas Marc Klok sebagai gol di awal pertandingan.

Padahal, dari rekaman pertandingan dan foto, bola sepakan Marc Klok dinilai sudah melewati garis gawang, namun wasit Aprisman Aranda yang memimpin pertandingan tidak menganggapnya sebagai gol. 

"Kalau di luar negeri sudah pakai VAR. Kalau diterapkan di Indonesia ya bagus ya. Sudah ada alat untuk dobel cek," kata Teddy Tjahjono.